Khasiat Alpukat Sebagai Super Food Yang Kaya Gizi

Siapa sih yang tidak kenal dengan nama buah yang satu ini, buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang terkenal, yang mana setiap kita pergi ke tempat jualan jus biasanya buah ini selalu ada. Sebagian besar orang menyukai buah alpukat, hal ini dikarenakan alpukat memiliki rasa yang lain dari yang lain. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa ada juga beberapa orang yang tidak menyukai buah alpukat karena rasanya, dan yang paling banyak ditemui ialah karena mereka beranggapan bahwa buah alpukat memiliki banyak kandungan lemaknya. Padahal lemak yang ada pada buah alpukat ini merupakan lemak jenuh yang justru sangat baik digunakan untuk kesehatan. Disini kami akan membahas beberapa manfaat ataupun khasiat dari buah alpukat sebagai salah satu super food yang kaya akan gizi. Berikut penjelasan secara detailnya.

Beberapa Kandungan Gizi Yang Terkandung Dalam Buah Alpukat

Buah alpukat merupakan salah satu buah yang masuk dalam kategori buah yang kaya ataupun padat gizi. Adapun beberapa kandungan gizi yang terdapat pada buah alpukat diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Protein

Protein merupakan salah satu kandungan yang terdapat pada buah alpukat, yang mana alpukat ternyata menyediakan 18 asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh untuk membentuk suatu protein yang lengkap. Alpukat memiliki protein yang mudah diserap oleh tubuh karena selain protein juga mengandung serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Protein yang ada pada alpukat juga sangat bisa digunakan sebagai pengganti bagi sumber protein hewani.

  1. Lutein

Selain mengandung protein, buah alpukat juga ternyata mengandung lutein yang mana lutein merupakan senyawa karoteniod dan juga oksidan alami. Satu buah alpukat biasanya mengandung sebanyak 81 mcg lutein yang dapat digunakan untuk membantu kesehatan mata. Yang mana dengan mengonsumsi lutein kita dapat mengurangi resiko degenerasi macula mata karena usia.

  1. Vitamin dan mineral

Kandungan gizi dari alpukat sangat kompleks, salah satu yang terkandung dalam alpukat ada juga vitamin dan mineral. Yang mana alpukat memiliki hampir 20 vitamin dan mineral yang berbeda-beda, meskipun hanya tersedia dalam jumlah yang kecil, alpukat menyediakan sekitar 10% kebutuhan vitamin dan mineral harian dalam setiap porsi yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa vitamin dan mineral yang paling banyak ialah vitamin C, K, folat, E, zat besi, kalium dan juga vitamin B6.

Beberapa Khasiat Dari Alpukat Sebagai Super Food Yang Kaya Akan Gizi

Berdasarkan uraian diatas mengenai kandungan gizi yang terdapat pada buah alpukat sudah pasti kalau alpukat memiliki banyak sekali manfaat yang sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Adapun manfaat ataupun khasiat yang diperoleh dari mengonsumsi alpukat sebagai buah yang kaya akan gizi, diantaranya sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Alpukat merupakan buah yang mampu meningkatkan kerja dari jantung dengan cara menyeimbangkan lipid darah karena komposisi asam lemak yang terkandung didalamnya. Jika dilihat dari kandungan kimianya, buah alpukat mengandung sekitar 71% asam lemak tak jenuh tunggal, 13 % asam lemak tidak jenuh ganda, dan 16% asam lemak jenuh.

  1. Menyehatkan kulit mata dan rambut

Alpukat juga bisa digunakan untuk menyehatkan mata kulit dan rambut, hal ini dikarenakan alpukat memiliki kandungan vitamin yang larut dalam lemak dan lemak tak jenuh tunggal, sehingga alpukat ini sangat aman jika digunakan untuk memperbaiki kulit, mata juga rambut yang sudah mulai kehilangan fungsi kerjanya.

Sangat beragam sekali bukan khasiat dari buah alpukat? Ya, demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan terkait dengan khasiat dari buah alpukat sebagai salah satu super food yang kaya akan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dan selamat mencoba !