Khasiat Dan Kandungan Kangkung Sayuran Yang Penuh Gizi

Kangkung merupakan salah satu makanan yang paling banyak di minati oleh masyarakat Indonesia terutama untuk masyarakat di pedesaan. Selain rasanya yang enak, sayur kangkung juga memiliki harga yang cukup ekonomis yang mana biasanya satu ikat kangkung hanya di banderol dengan harga 2 rb rupiah saja. Selain enak dan murah, sayur kangkung juga memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk kita sehingga kangkung merupakan sayur yang paling direkomendasikan untuk member asupan bergizi yang murah. Berikut penjelasan secara detailnya.

Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Sayur Kangkung

Kangkung yang memiliki batang yang menjalar dan sangat cocok untuk tumbuh di perairan seperti sawah, sungai dan sebagainya. Kangkung merupakan sayuran yang berasal dari India yang mana sudah menyebar ke seluruh pelosok negeri. Termasuknya ialah Indonesia. Adapun beberapa kandungan gizi yang terdapat pada sayur kangkung, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mengandung zat besi

Kangkung mengandung zat besi yang mana zat besi pada kangkung berguna sebagai alat untuk pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh ataupun sebaliknya. Zat besi juga dapat digunakan untuk membantu pembentukan hemoglobin atau sel darah merah sehingga kita akan terhindar dari penyakit anemia.

  1. Vitamin c

Selain mengandung zat besi, sayur kangkung juga mengandung vitamin c yang baik digunakan untuk mencegah kanker, mencegah diabetes dan juga baik untuk kulit. Vitamin c sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk bisa menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan segar.

  1. Memiliki kandungan protein

Kangkung sebagai sayuran yang banyak kita temui di warung juga ternyata kaya akan protein, yang mana protein dari kangkung sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satu fungsinya ialah sebagai pengatur metabolisme dalam tubuh karena apabila tubuh memiliki kadar protein yang tidak seimbang maka akan mudah sakit, protein juga baik digunakan untuk regenerasi kulit.

  1. Mengandung karbohidrat

Berbicara tentang karbohidrat, makanan yang mengandung karbohidrat tidak hanya nasi saja, akan tetapi sayur kangkung pun memiliki kandungan karbohidrat yang memiliki fungsi untuk memperbaiki metabolisme yang ada pada tubuh, sebagai cadangan sumber energy, serta sebagai pelindung protein agar tidak mudah terbakar. Kekurangan karbohidrat sangat bahaya karena dapat menyebabkan hipoglikemia.

Beberapa Khasiat Dari Kandungan Kangkung Sebagai Sayur Sumber Gizi

Setelah mengetahui beberapa kandungan yang terdapat pada kangkung, tentunya kita sudah bisa menyimpulkan bahwa kangkung memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh. Adapun khasiat yang bisa kita peroleh dari kandungan yang terdapat di sayur kangkung, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mencegah penyakit sariawan

Kangkung yang memiliki warna hijau ini ternyata memiliki kandungan yang mampu mencegah terjadinya sariawan, yang mana kangkung memiliki kandungan vitamin c yang baik untuk mencegah sariawan dan gusi berdarah. Daun kangkung juga mengandung antiseptik alami yang bisa mengurangi rasa ngilu pada saat sedang sakit gigi.

  1. Mengurangi rasa nyeri pada saat haid

Sering mengalami rasa nyeri saat haid memang sangat menyiksa, akan tetapi jangan khawatir karena ternyata sayur kangkung yang enak dan murah ini dapat mengurangi rasa nyeri pada saat haid. Caranya ialah dengan menumbuk daun kangkung lalu ditambahkan dengan air hangat, kemudian disaring bisa juga ditambahkan dengan madu agar manis.

  1. Sebagai pengontrol darah

Kangkung juga berkhasiat untuk mengontrol darah di dalam tubuh. Hal nini dikarenakan kangkung memiliki zat kimia yang dapat mencegah terjadinya pembekuan darah di pembuluh detak jantung dan otak.

  1. Sangat baik untuk ibu hamil

Selain sayur katuk, ternyata sayur kangkung juga sangat baik untuk ibu yang sedang hamil terutama untuk ibu yang sedang menyusui. Hal ini dikarenakan kangkung dapat memperlancar asi pada ibu yang sedang menyusui, serta dapat juga digunakan untuk mencegah sembelit pada ibu yang sedang hamil.

Nah, itu dia beberapa kandungan dan khasiat dari kandungan yang terdapat di kangkung sebagai salah satu jenis sayur yang memiliki nilai gizi yang kompleks. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Khususnya bagi kita yang kurang suka sayur kangkung agar lebih suka karena sayur kangkung merupakan sumber gizi yang baik dan tentunya diperlukan oleh tubuh. Selamat mencoba dan selamat bergaya hidup sehat dengan rajin makan sayur !