Khasiat Jambu Air Merah Yang Tidak Banyak Orang Tahu

Jambu air adalah salah satu jenis buah-buahan yang biasanya kita jumpai di sekitar pekarangan rumah. Jambu sendiri bisa dibilang sangat mudah dijumpai di lingkungan sekitar. Selain memiliki harga yang relatif murah, jambu air merah ini juga biasanya ditanam di halaman rumah. Buah ini juga memiliki rasa yang manis dan juga menyegarkan, selain itu, jambu air juga memiliki kandungan gizi yang cukup baik untuk kesehatan tubuh ada juga anggur hitam buat tubuh Anda. Disini akan kami sampaikan mengenai khasiat jambu air merah bagi kesehatan yang tidak banyak orang tahu.

Beberapa Khasiat Jambu Air Merah Yang Tidak Diketahui Oleh Banyak Orang

Jambu air merah merupakan buah yang mengandung banyak serat makanan, vitamin C, vitamin A, thiamin kalium, kalsium dan masih banyak kandungan gizi lainnya yang baik untuk kesehatan. Berikut ini ialah beberapa manfaat atau khasiat yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi buah jambu air merah yang tidak banyak orang tahu, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Untuk mengontrol diabetes

Kandungan dari buah jambu air merah ini salah satunya ialah jambosine. Jambosine merupakan salah satu tipe alkaloid yang terbukti cukup baik dalam menghalangi dan juga mengatur pengkonversian pati berubah menjadi gula. Oleh karena itu bagi para penderita diabetes, yang mana jambu mampu mengurangi resiko terjadinya diabetes militus.

  1. Pencernaan lancar

Jambu air dikenal mengandung serat yang cukup tinggi, hal ini nantinya akan sangat membantu kita dalam proses pencernaan yang mana tubuh dapat lebih termudahkan dalam pengaturan proses jalannya makanan saat melalui system pencernaan jambu air juga bisa digunakan untuk menghilangkan sembelit.

  1. Sebagai pencegahan kanker

Siapa yang menyangka bahwa jambu air dapat berfungsi sebagai salah satu buah yang berpotensi sebagai agen anti kanker. Yang mana buah ini mengandung salah satu bahan organic berupa vitamin A dan vitamin C yang telah dipercaya sebagai pencegahan dan bahkan pengobatan kanker secara efektif. Setelah diteliti pada awal era, obat tradisional ini diklaim dapat mengurangi resiko kanker payudara dan juga kanker prostat, tentu jika kita sering mengonsumsi jambu air merah sebagai obat tradisionalnya dan juga melakukan diet.

  1. Detoksifikasi

Buah jambu air merah selain bisa untuk pengobatan kanker, ternyata jambu ini juga bermanfaat untuk melakukan detoksifikasi, yang mana hasil rebusan dari jambu air ini telah dikenal lama dapat digunakan sebagai salah satu zat diuretik, yang gunanya dapat membantu proses pembersihan hati dan juga ginjal. Kelebihan lainnya yaitu juga bisa untuk dapat meningkatkan metabolisme tubuh secara efisien.

  1. Untuk kecantikan

Untuk kulit yang terlihat kusam dan kering, kita bisa memiliki alternatif yang murah dan sangat mudah, yakni dengan mengonsumsi buah-buahan yang memiliki banyak kandungan air, salah satunya ialah jambu air merah. Dengan kita mengonsumsi jambu air merah, maka secara tidak langsung juga kita sedang mengonsumsi vitamin c dan juga air. yang mana vitamin c ini mengandung zat antioksidan yang dapat digunakan untuk mencegah penuaan dini. Zat antioksidan sendiri manfaatnya ialah untuk menjaga regenerasi dari sel kulit serta meningkatkan asupan zat besi pada tubuh. Jadi, jambu air merah sangat penting dan perlu digunakan untuk tubuh kita.

Khasiat Dari Bagian Jambu Air Merah Yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Melihat beberapa potensi manfaat yang bisa dilakukan oleh jambu air merah, sama seperti halnya buah-buahan yang lainnya, seperti jeruk, melon dan lain-lain yang memiliki manfaat dalam bidang kesehatan seperti yang telah dijabarkan diatas. Pada buah jambu air ini ternyata ada beberapa bagian tanaman lainnya yang juga ternyata mampu memberikan khasiat dan manfaat yang tak terduga, adapun beberapa manfaatnya diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Pada biji

Siapa yang dapat menyangka bahwa biji jambu air juga bisa memberikan manfaat dengan cara biji jambu dimasukkan ke dalam wadah dalam jangka waktu sekitar 4 hari hingga kering, biji yang telah kering tersebut dihaluskan, maka serbuk tersebut dapat digunakan sebagai obat diare. Selain untuk diare, obat ini juga bisa digunakan untuk menurunkan demam dan juga mengontrol asma. Sedangkan untuk benih biji yang masih segar dan digunakan untuk mengobati mata rabun dan katarak.

  • Bunga

Selain biji, bunga dari jambu air merah juga memiliki manfaat yang tidak terduga dan tidak banyak orang tahu. Ternyata pada bagian bunga yang berbau manis dapat digunakan untuk menurunkan demam. Sedangkan bunga dari jambu air yang dicampurkan dengan daunnya dapat digunakan untuk mengurangi rasa gatal pada penderita cacar.

Sekian beberapa informasi menarik yang bisa kami sampaikan terkait dengan beberapa khasiat dari jambu air merah yang ternyata tidak banyak diketahui oleh orang. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya, selain itu juga bisa digunakan untuk menambah wawasan pengetahuan sehingga ilmu pengetahuan kita dapat bertambah dengan baik. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya !