Anthurium Crystallinum

Anthurium Crystallinum Atau Kuping Gajah

Anthurium Crystallinum atau Kuping Gajah adalah Tanaman yang berasal dari daerah Amerika Selatan ini memiliki jumlah daun yang banyak alias lebat. Jika sudah mulai bertumbuh besar, tanaman kuping gajah bisa mencapai ukuran panjang 30-40 cm dan lebar 15-40 cm. Hebatnya, tanaman ini bisa kamu rawat di indoor maupun di outdoor.

Anthurium Crystallinum termasuk tanaman dari keluarga Araceae. Tanaman berdaun cantik ini masih berkerabat dengan sejumlah tanaman hias populer semacam aglaonema dan alokasia. Dalam keluarga araceae, Anthurium adalah gen dengan jumlah jenis terbanyak.

Diperkirakan ada sekitar 1000 jenis anggota marga anthurium. Tanaman ini termasuk jenis tanaman yang tidak mengenal masa dormansi. Di alam, biasanya tanaman ini hidup secara epifit dengan menempel cara di batang pohon lain. Dapat juga hidup secara terestrial di dasar hutan.

Daya tarik utama dari Anthurium Crystallinum adalah bentuk daunnya yang cantik, unik, dan bervariasi. Daun umumnya daunnya berwarna hijau tua dengan urat dengan tulang daun besar dan menonjol. Sehingga membuat tanaman ini tampak kekar namun tetap memancarkan keanggunan saat telah dewasa.

Tidak heran bila tanaman ini memiliki kesan yang mewah dan glamour. Di masa lalu, Anthurium Crystallinum banyak menjadi hiasan di taman istana kerajaan-kerajaan di Jawa. Konon, dahulu kala tanaman ini dipuja sebagai tanaman para raja.

Anthurium CrystallinumSecara umum anthurium dibedakan menjadi dua jenis, yaitu jenis Anthurium Crystallinum daun dan jenis Anthurium Crystallinum bunga. Anthurium Crystallinum daun memiliki daya pikat terutama dari bentuk-bentuk daunnya yang istimewa.

Sedangkan Anthurium Crystallinum bunga lebih menonjolkan keberagaman bunga baik hasil hibrid maupun spesies. Biasanya jenis Anthurium Crystallinum bunga banyak dijadikan untuk bunga potong ataupun bouquet bunga.

Tanaman kuping gajah (Anthurium Crystallinum) biasa kita temukan di teras pekarangan rumah-rumah sebagai tanaman hias. Tanaman Kuping Gajah sangat mudah cara menanamnya, yaitu hanya dengan memerlukan air yang cukup. Tanaman ini asalnya dari Negara Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Tanaman kuping gajah dapat hidup di dataran rendah (0 m di atas permukaan laut) sampai ke dataran tinggi hingga 2000 m di atas permukaan laut. Tanaman ini memerlukan kelembaban yang tinggi untuk hidup dengan sinar matahari 50%.

Tanaman kuping gajah merupakan jenis tumbuhan semak, tetapi batangnya berdiri tegak. Bentuk daunnya tunggal, duduk dalam roset akar, memiliki pelepah, lonjong, dengan panjang sekitar 30 cm dan lebar sekitar 20 cm, pertulangan menyirip, tulang daun keputih-putihan, serta berwarna hijau.

Bentuk bunganya majemuk, kelopak bulat, halus, berwarna merah umumnya tetapi kadang juga ada yang berwarna lain, berkelamin dua, di ujung batang, kepala sari kuning, mahkota kuning. Daun dan batang tanaman kuping gajah ini mengandung tanin, saponin, dan flavonoida.

Ciri Tanaman Anthurium Crystallinum (Kuping Gajah) :

Anthurium Crystallinum

  1. Merupakan jenis tumbuhan semak, batangnya berdiri tegak
  2. Memiliki bentuk daun yang tunggal, duduk dalam roset akar, berpelepah, lonjong, panjang 25-30cm, lebar 15-20 cm
  3. Pertulangan menyirip, tulang daun keputih-putihan, hijau
  4. Bentuk bunganya majemuk, kelopak bulat, halus warna merah umumnya kadang juga ada yang berwarna lain, berkelamin dua di ujung batang, mahkota kuning, kepala sari kuning.
  5. Akarnya rimpang (rhizoma) yang memiliki akar adventif
  6. Tidak terlalu menyukai matahari

Jenis Tanaman Anthurium Crystallinum (Kuping Gajah)

Anthurium Crystallinum

  1. Kuping Gajah Crystallinum
  2. Kuping Gajah Clarinervium
  3. Kuping Gajah Nikki
  4. Kuping Gajah Papillilaminum
  5. Kuping Gajah Regale

Khasiat Anthurium Crystallinum

Jadi khasiat tersembunyi yang terkandung di dalam tanaman hias satu ini yaitu mampu mengobati beberapa penyakit, hal ini karena dalam tanaman tersebut terutama pada bagian daun dan batangnya terkandung sejumlah zat yang mampu berperan dalam hal pengobatan, diantaranya yaitu saponim, flavonoida, dan tanin yang semua itu memiliki sifat antiradang dan juga anti bakteri.

Salah satunya yaitu dapat menyembuhkan bengkak pada organ mulut dan tenggorokan, caranya cukup mudah dan sederhana, anda cukup sediakan beberapa lembar daun kuping gajah yang sudah dicuci kemudian di rebus dengan menggunakan 1 gelas air selama kurang lebih 15 menit dengan nyala api sedang, setelah selesai lalu dinginkan kemudian saring air rebusan tersebut hingga kemudian diminum sekali habis. simple bukan ?

Adapun khasiat lainnya yaitu dapat :

  1. Dapat mengobati gangguan pada ginjal
  2. Dapat mengobati diabetes
  3. Mengobati bengkak pada mulut
  4. Penghilang stres
  5. Untuk relaksasi
  6. Mempercepat penuaan bisul
  7. Mengatasi masalah penyakit kulit

Cara Menanam Dan Merawat Anthurium Crystallinum (Tanaman Daun Kuping Gajah)

  • Persipan Bibit Kuping Gajah

Untuk mendapatkan bibit bunga kuping gajah bisa diperoleh dengan cara melakukan pemisahan rumpun dengan menggunakan pisau. Pada saat memisahkan rumpun tersebut lakukan dengan hati-hati dan perlahan , jangan sampai merusak bagian akar, batang dan daun tanaman kuping gajah.

Selanjutnya sebelum ditanam, simpan terlebih dahulu bibit tersebut pada tempat yang lembab dan basah.

  • Pilih Pot yang Sesuai

Dalam memilih pot untuk tanaman kuping gajah kamu harus memerhatikan tiga hal utama, yaitu desain, luas, dan bahan dasar pot. Pilih pot yang memiliki desain yang bagus agar bisa kamu gunakan sebagai dekorasi ruangan atau dipajang di teras rumah. Luas pot pun tidak boleh terlalu sempit agar pertumbuhan akar dan tunas dapat lebih leluasa.

Pastikan bahan pot juga mampu menjaga kelembapan tanah dalam suhu normal, seperti pot yang berbahan dasar plastik ataupun pot tanah liat. Jangan lupa untuk memastikan ada lubang drainase di bawah pot ya untuk membuang kelebihan air yang terdapat di dalam pot setelah penyiraman!

  • Gunakan Media Tanah yang Bernutrisi dan Higienis

Tanah merupakan media tanaman kuping gajah untuk bertumbuh. Sebelum menanamnya, pastikan bahwa media tanam sudah steril dari organisme penyebab penyakit pada tanaman, seperti penyakit jamur dan bakteri.

Kamu bisa menjemur media tanam di bawah terik matahari langsung, menyiramnya dengan air panas, dikukus, atau bisa juga menggunakan obat-obatan demi mengusir organisme penyebab penyakit tersebut.

Ada beberapa komposisi media tanah yang bisa kamu coba. Campurkan satu bagian kompos atau humus, satu bagian pasir, dan satu bagian tanah kebun.

Di atasnya, tambahkan serbuk kulit kayu halus. Komposisi lainnya adalah pupuk kandang, humus, dan arang sekam.

  • Penanaman Tanaman Kuping Gajah
  1. Apabila bibit sudah siap maka proses selanjutnya buat media tanam berupa campuran dari tanah dan pupuk kandang/kompos (1:1).
  2. Selanjutnya mulai menanam bibit dalam media tanam dengan hati-hati dan perlahan
  3. Padatkan kembali dengan tanah disekelilingnya supaya bibit tidak roboh.
  4. Siram agar bibit segar dan dapat tumbuh baik.

Perawatan Merawat Anthurium Crystallinum ( Kuping Gajah )

  1. Perawatan kuping gajah sama hal nya seperti tanaman hias lainnya, perawatan yang dilakukan pada tanaman hias daun kuping gajah yaitu
  2. Lakukan penyiraman , penyiraman dilakukan secara 2x sehari pada pagi dan sore hari .
  3. Lakukan penyiangan agar daun tanaman kuping gajah tetap indah
  4. Pupuk diberikan sesuai dengan kebutuhan. Pemupukan menggunakan pupuk NPK seimbang secara rutin dengan dosis kecil atau 2 gram per liter air,
  5. Larutkan pupuk ke dalam air lalu siramkan ke tanaman namun jangan sampai mengenai daunnya. Dan cukup diberikan sekali dalam 3 bulan.
  6. Daun-daun kuping gajah juga perlu dibersihkan dari debu dan kotoran yang menempel. Pembersihan daun kuping gajah dapat dilakukan dengan pengelapan dengan kain yang telah dibasahi ataupun dengan cara penyemprotan air pada daun.
  7. Agar tampak mengkilap, daunnya bisa dibersihkan dengan menggunakan susu. Caranya dengan membersihkan daun dengan air, lalu olesi atau semprotkan cairan susu tersebut ke daun, kemudian daun dilap hingga kering. Akan tetapi cara ini tidak perlu dilakukan tiap hari karena dapat menyebabkan mengikis berapa lapisan yang dibutuhkan daun supaya jadi keras.

Kekurangan Tanaman Anthurium Crystallinum ( Kuping Gajah )

Itulah Penjelasan Mengaenai Anthurium Crystallinum atau biasa banyak orang mengenalnya dengan Tanaman Daun Kuping Gajah