Daun Sirih Si Pahit Yang Kaya Manfaat

Daun sirih adalah salah satu tanaman herbal yang bayak dimanfaatkan orang sebagai tanaman hias karena keindahannya. Tanaman yang daunnya terasa sangat pahit ini ternyata menyimpan banyak manfaat. Karena mempungai kandungan anti septik, anti peradangan dan pendingin kulit. Selain itu, diperkaya juga dengan berbagai kandungan minyak esensial, eugenol, tanin dan saponin.

Bagi yang belum tahu, berikut ini ada berbagai macam manfaat daun sirih baik yang daunnya berwarna hijau, kuning ataupun merah.

  1. Menangani Mimisan

Manfaat daun sirih yang pertama adalah mengobati mimisan. Caranya cukup mudah. Ambil satu lembar daun sirih hijau. Lalu gulung dan masukkan pada hidung yang mengeluarkan darah. Kandungan terpene dan fenil poppies akan mengurangi atau bahkan menghentikan darah di hidung.

  1. Menyembuhkan Batuk

Jika batuk sedang melanda, jangan langsung minum obat kimia. Coba sembuhkan dengan daun siri. Ambil 3 lembar daun sirih hijau atau 2 lembar daun sirih merah. Seduh dalam air mendidih sebanyak 200 ml. Diamkan hingg agak dingin. Lalu minum hingga habis. Lakukan sehari dua kali. Maka tak akan butuh waktu lama batuk akan sembuh.

  1. Mengobati Tukak Lambung

Ambil 2 lembar daun sirih kuning. Cuci bersih lalu kunyah sebentar hingga halus. Setelah itu buang ampasnya. Memang akan terasa pahit. Tapi tahanlah rasa pahit itu. Karena kandungan antiseptik dan vitamin C nya mampu menyembuhkan tukak lambung.

  1. Pengobatan Luka Bakar Ringan

Selain obat minum, manfaat daun sirih juga bisa dirasakan sebagai obat luar. Karena kandungan vitamin C, antioksidan dan alkaloidnya mampu mengobati luka bakar ringan. Caranya sangat mudah. Ambil 5 lembar daun sirih merah. Lalu tumbuk halus dan tambahkan madu secukupnya. Lakukan 2 kali sehari. Agar peradangan akibat luka bakar ringan dapat segera sembuh.

  1. Mengobati Gusi Berdarah

Untuk mengobati gusi berdarah, rebus 10 lembar daun sirih merah. Dan gunakan airnya untuk berkumur 3 kali sehari. Kandungan fosfor, kalsium, tanin dan saponin dalam sirih merah mampu mengobati sakit gusi berdarah.

  1. Mengobati Sakit Bronkitis

Untuk mengobati bronkitis, rebus 10 lembar daun sirih hijau dengan 300 ml air. Rebus terus hingga air menyusut menjadi separuhnya. Diminum 3 kali sehari secara teratur agar sakit bronkitis segera sembuh.

  1. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Manfaat daun sirih selanjutnya adalah untuk mengatasi masalah hipertensi atau darah tinggi. Kandungan minyak esensial dan fenol yang ada pada daun sirih akan membantu menstabilkan tekanan darah. Cara pembuatannya cukup mudah. Ambil beberapa daun sirih lalu cuci dan rebus. Tambahkan madu agar tida terlalu pahit. Lalu minumlah 2 kali sehari hingga tekanan darah normal kembali.

  1. Mengobati Diabetes

Kandungan pyrene, eugenol, klavikula, dan terpenoid yang ada dalam sirih merah mampu membantu insulin agar menstabilkan gula darah. Cara pembuatannya sangat mudah. Ambil beberapa lembar daun sirih. Kemudian rebuslah. Minum air rebusan daun sirih ini 2 kali sehari secara teratur.

  1. Mengobati Asam Urat

Sirih merah dipercaya mampu meredakan sakit asam urat. Karena dapat menghancurkan kristal asam urat dan membuangnya keluar tubuh melalui urin dan tinja. Ambil 8 lembar sirih merah lalu rebus dengan menggunakan 500 ml air hingga tersisa 3 gelas. Minum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

  1. Mengatasi Bau Badan

Daun sirih dipercaya bisa mengatasi masalah bau badan. Karene kelenjar keringat dan produksi hormon dapat dikontrol oleh klavikula dan ekstradiol yang ada pada daun sirih. Ambil beberapa lembar daun sirih. Kemudian tumbuk dan bubukka  pada ketiak. Atau bisa juga dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirih tiap hari.

  1. Mengatasi Bau Mulut

Untuk mengatasi bau mulut, cukup banya berkumur dengan rebusan air daun sirih. Karena senyawa capitol dan eugenol dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut dan menyegarkannya.

  1. Mengobati Penyakit Jantung Koroner

Bagi yang mempunyai masalah jantung koroner, bisa mencoba membuat ramuan ini. Ambil 3 lembar daun sirih, 3 butir bawang merah, 7 buah cabe jawa, dan sedikit jintan. Lalu haluska  dan seduh dengan air mendidih. Endapkan lalu minum airnya.

  1. Memperlancar Buang Air Kecil

Jika mempunyai masalah susah buang air kecil, kita bisa mencoba resep daun sirih ini. Blender 5 lembar daun sirih merah dengan air dan sedikit madu atau susu. Lalu saring dan minum airnya. Lakukan seminggu sekali agar lancar buang air kecil.

  1. Mengobati Tumor

Zat antioksidan dalam daun sirih akan membantu meningkatkan kemampuan sel darah putih untuk memberikan kekebalan pada tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit. Termasuk juga membunuh zat karsinogenik tumor berbahaya dalam tubuh. Minum rebusan daun sirih merah setiap hari mampu membunuh tumor yang ada pada tubuh. Termasuk tumor yang berbahaya.

APLIKASI MANFAAT DAUN SIRIH
Manfaat Daun Sirih