Fitnes Berbahaya Bagimu Jika Lakukan Hal Ini

fitnesFitnes merupakan salah satu alternatif yang dilakukan oleh banyak orang terutama yang memiliki keluhan di berat badan atau obesitas. Hampir sebagian orang menganggap bahwasannya fitnes menjadi cara yang tepat dan cepat untuk menurunkan berat badan. Dalam olahraga ini memang semua otot dibentuk mulai dai kaki, perut, tangan, bahu dan lain sebagainya. Dan dalam prosesnya setiap kebutuhan memiliki alat tersendiri.

Fitnes menjadi pilihan utama untuk proses menurunkan berat badan karena kita akan mendapatkan dua manfaat sekaligus darinya. Apa saja manfaat tersebut, pertama berat badan akan turun degan melakukan latihan rutin. Selain berat badan bisa turun, bentuk tuuh yang atletis dan ideal akan kita dapatkan. Apalagi untuk cowok, siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh ideal dengan perut sixpack layaknya pemain bola maupun artis film action. Pasti semuanya mau, maka dari itu fitnes jadi salah satu program utama yang digandrungi oleh masyarakat.

Artikel terkait : Manfaat renang untuk kesehatan

Faktor lain yang membuat fitnes digemari oleh kalangan masyarakat yakni harganya yang terjangkau, hanya 90 ribuan selama satu bulan.murah bukan, nah maka dari itulah kalangan pemuda memilih hal tersebut. Nah yang paling menarik perhatian di sini, jika kalian ingin menurunkan berat badan dengan fitnes. Kalian tidak perlu mengurangi porsi makanan kalian, ini yang paling enak, hehehe. Namun tetap harus memperhatikan kandungan dan kesehatan dari makanan tersebut.

Pada dasarnya semua kegiatan memiliki plus dan minus tergantung bagaimana kita menjalaninya. Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bahaya atau minusnya fitnes jika kita salah langkah. Simak bahasannya agar tidak sampai salah langkah.

  1. Over training

Biasanya kita sering lupa, menginginkan sesuatu yang cepat sehingga semua cara dilakukan. Salah satunya overtraining. Hal ini memang sering terjadi bagi pemula. Terkadangan keinginan yang tinggi untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal mereka menambah porsi latihan. Misalkan latihan yang diperuntukkan untuk 2 hari sekali dilakukan setiap hari. Bukan hanya itu biasanya overtraining terjadi saat pemula ingin mendapatkan hasil yang cepat sehingga terus menerus melakukan latihan berat. Bahkan menambah beban latihannya. Jika hal ini dilakukan terus menerus maka akan terjadi hal negatif bagi tubuh kita. Minimal otot kita akan kram, kesleo dan bahkan bisa membuat lumpuh anggota badan kita. Baca juga : gejala nyeri sendi dan solusinya

  1. Berhenti di tengah jalan

Ini yang sering terjadi bagi para pemula yakni berhenti di tegah jalan. Fitnes akan membuahkan hasil yang bagus ketika dilakukan dengan teratur dan continue. Jika sudah terjun ke dunia fitnes kita dilarang berhenti di tengah jalan. Karena saat fitnes porsi makan kita cenderung bertambah karena mengimbangi perkembangan otot serta pembakaran lemak yang luar biasa. Nah jika berhneti di tengah jalan, maka pola makan akan tetap dan tidak akan ada seuah pembakaran karena tidak melakukan fitnes. Bukan ideal atau turun berat badan yang didapat malah tubuh akan menjadi lebih besar.

  1. Makan seenaknya

Memang saat fitnes porsi makan kita tidak dibatasi atau tidak perlu mengurangi porsi makan. Namun yang perlu diingat untuk mendapatkan hasil yang memuaskan kita tidak boleh makan seenaknya, misal terlalu sering makan mie, junk food, makanan kaleng. Hal ini akan membuat badan menjadi tidak sehat dan fitnes pun tidak akan membuahkan hasil yang baik. Bukan untung malah rugi.

  1. Mengkonsumsi suplemen berlebih

Terkadang orang yang melakukan fitnes juga ditunjang dengan asupan suplemen dengan tujuan hasil cepat dan maksimal. Namun perlu diingat jangan berlebihan dalam mengkonsumsi suplemen. Gunakan secara wajar sesuai kebutuhan. Karena kebanyakan suplemen akan membuat kita ketergantungan pada obat dan hal tersebut tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Karena di dalamnya mengandung bahan kimia yang tentunya tidak boleh dikonsumsi secara berlebih.

  1. Memakai kostum yang salah

Nah pemilihan kostumpun juga sangat mempengaruhi safety dalam fitnes. Usahakan pakai pakaian olahraga yang memang diperuntukkan untuk olahraga. Jangan sampai pakai yang berbahan jeans. Karena hal tersebut akan membahayakanmu saat melakukan fitnes.

Nah ternyata fitnes bisa jadi bumerang lho bagi tubuh kita jika tidak memperhatiakn aturan yang ada. Nah maka dari itu luruskan niat terlebih dahulu baru action. Namun jika kalian memiliki rezeki lebih apa salahnya kalian training fitnes dengan pelatih atau ahlinya agar mendapatkan hasil yang maksimal dan tidak sampai zonk. Namun harga tentu lebih mahal dari anggota biasa. So, apapun yang kita lakuakn harus dilakukan dengan aturan dan arahan yang benar. Tidak boleh berbuat seenaknya sendiri agar mendapatkan hasil yang maksimal.