Kenali Gejala Nyeri Sendi dan Cara Mengatasinya.

Nyeri Sendi adalah peradangan pada satu atau lebih sendi sendi tubuh kita. hal ini disebabkan oleh adanya pengapuran atau imflamasi pada bagian sendi, yang timbul akibat adanya degenerasi pada tulanng rawan. Selain itu bantalan tulang rawan juga akan hilang dan menyebabkan gesekan antar tulang sendi.

Nyeri sendi biasanya menyerang di bebrapa titik persendian pada tubuh kita, diantaranya jari-jari tangan atau kaki, lutut, leher,siku, tulang belakang dan beberapa titik dalam tubuh. Sekarang tidak hanya  orang lanjut usia yang bisa terkena nyeri sendi, para pemuda juga rentan mengalami nyeri sendi, khusunya ketika beraktivitas berat seperti kerja, olahraga dan lain-lain. Hal ini terjadi karena faktor makanan dan gaya hidup yang kurang sehat.

Hal pertama yang harus anda ketahui adalah ciri-ciri atau gejala dari nyeri sendi itu seperti apa. Gejala umum yang sering terjadi :

  1. Timbulnya pembengkakan yang tidak biasa pada tulang.
  2. Sendi terasa kaku saat digerakkan.
  3. Persendian tubuh merasakan panas yang tidak biasa.
  4. Sering merasakan linu atau sakit pada bagian persendian.
  5. Timbul warna merah pada anggota persendian.
  6. Terjadi perubahan struktur pada struktur tulang persendian.
  7. Terbatasnya ruang gerak akibat nyeri sendi.

Apabila gejala ini diabaikan atau tidak ditindak lanjuti akan berbahaya bagi kesehatan kita. Nyeri sendi bisa berkembang menjadi penyakit berbahaya, seperti rematik, asam urat, tulang keropos, arthritis, osteophorosis, dan penyakit tulang lainnya. Oleh karena itu, jika gejala tersebut anda alami, segera atasi dengan beberapa cara di bawah ini.

  1. Konsumsi Vitamin C yang Cukup.

Vitamin C identik dengan rasa asam, seperti buah jeruk, kiwi, nanas dan lain sebagainya. Ternyata kandungan vitamin C yang ada di dalamnya baik digunakan untuk mengatasi peradangan pada sendi. Jadi apabila sendi anda terasa nyeri atau sakit, konsumsilah vitamin C yang cukup. Jangan menunggu sakit datang tapi lebih baik anda mencegahnya dengan mengkonsumsi Vitamin tersebut sesuai dengan kebutuhan tubuh anda.

  1. Berhenti Merokok.

Perlu anda ketahui, ternyata rokok tidak hanya berbahaya bagi paru-paru, kandungan berbahaya dari rokok, yaitu nikotin juga mampu melemahkan kinerja otot-otot pada persendian anda. Apabila anda tidak segera berhenti merokok, maka jangan harap sendi anda akan sehat dan kuat. Memang sangat sulit jika sudah terlenjur merokok dan ingin menghentikannnya. Namun tetap fikirkan lebih banyak mana manfaat anda tidak merokok dan kenikmatan saat merokok.

  1. Konsumsi Jahe Secara Rutin.

Jahe memiliki kandungan senyawa kimia yang hampir sama dengan obat anti inflamasi yang mampu mencegah terjadinya nyeri sendi. Selain itu rasa hangat yang diberikan oleh jahe akan memanjakan otot-otot dalam tubuh kita, sehingga sendi akan tetap terjaga kesehatannya.

Artikel terkait :

  1. Hindari Lemak Berlebih.

Kebanyakan kandungan lemak terdapat pada produk hewani. Kandungan lemak yang tinggi dalam tubuh mengakibatkan badan kita malas untuk bergerak, sehingga otot-otot pada persendian kita kaku, dan akan menimbulkan nyeri sendi. Ganti lemak dengan kalsium yang baik untuk tulang.

  1. Rutin Berolahraga.

Tidak diragukan lagi, bahwa olahrga memiliki manfaat nyata bagi kesehatan kita, termasuk kesehatan sendi. Dengan rutin berolahraga kita akan menggerakkan otot-otot persendian, sehingga tidak akan kaku dan terhindar dari nyeri sendi.

Mulai sekarang tidak usah takut dengan yang namanya nyeri sendi. Anda bisa mnegatasinya dengan cara yang simple dan mudah bahkan tidak memerlukan biaya sepeser pun. Apabila ingin terhindar dari penyakit ini, mulai detik ini anda harus menjaga pola makan anda, hindari fast food dan segala macamnya serta jangan malas untuk berolahraga. Semoga bermanfaat.