Bawang putih biasanya dijadikan bahan penyedap masakan, ditumis, digoreng atau dibakar, akan mengeluarkan aroma yang menambah selera dan membuat masakan terasa semakin lezat. Tapi ternyata ada khasiat bawang putih juga, lho! Untuk yang sedang bermasalah dengan kesehatan, alangkah lebih baiknya jika mencoba terapi herbal dengan menggunakan bawang putih.

Jadi, selain hanya bisa dimasak dan ditambahkan sebagai tambahan rasa di dalam santapan kita, si bumbu masak yang satu ini bisa memberikan manfaat luar biasa jika disantap mentah. Hal itu karena proses pemasakan bawang putih bisa menghilangkan zat alami yang bermanfaat di dalamnya. Itulah kenapa mengonsumsi bawang putih untuk obat, bagusnya disantap begitu saja seperti memakan buah, supaya nutrisinya tidak hilang dan tetap bermanfaat.

Cobalah rutin konsumsi bawang putih selama satu bulan (konsumsi setiap pagi dan malam, jika perlu) dan khasiatnya bisa didapatkan. Adapun khasiat bawang putih untuk kesehatan antara lain adalah sebagai berikut ini :

  • Untuk menurunkan kolesterol

Dalam sebuah penelitian yang telah terbit dalam Journal of Postgraduate Medicine, dengan mengonsumsi 10 gram bawang putih mentah selama dua bulan berturut-turut, mampu menurunkan kadar kolesterol dengan angka yang fantastis. Tak hanya itu, bersadarkan penelitian di Rafsanjan University of Medical Sciences, berhasil membuktikan bahwa bawang putih bisa tingkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar yang jahat jika dikonsumsi mentah dengan rutin. Dalam penelitiannya, para peserta penelitian mengonsumsi bawang putih seberat 10 gram sampai 42 hari berturut-turut.

  • Untuk kendalikan tekanan darah

Hal ini bisa terjadi karena adanya kandungan polisulfida di dalam bawang putih yang bisa kendalikan tekanan darah. Di dalam jurnal ilmiah Maturitas, kandungan polisulfida ini membantu untuk membuka dan melebarkan pembuluh darah supaya tekanannya tidak terlalu besar. Itulah kenapa jika memakan bawang putih mentah dengan rutin selama tiga bulan bisa turun tekanan darah sampai 10 mmHg, lho!

  • Bisa menjaga kesehatan otak

Ada banyak gangguan yang bisa menyerang otak, misalnya demensia dan alzheimer. Namun dengan konsumsi bawang putih hal itu bisa dihindari. Di dalam Journal of Neurochemistry telah menyebutkan bahwa adanya S-allyl-L-cysteine (SAC) serta antioksidan di dalam bawang putih mampu melindungi otak atas kerusakan kognitif dan mencegah penumpukan zat yang berbahaya atau plak dalam sistem syaraf pusat kita.

  • Aman untuk mengatasi jerawat

Menurut dokter kulit yang juga penulis “100 Questions and Answers About Acne” yakni Doris Day, M.D, memiliki pendapat bahwa sebenarnya bawang putih bisa saja bermanfaat untuk hilangkan jerawat karena ada antioksidan dan antiradang di dalamnya. Bahkan menurut seorang ahli gizi di Charlottetown P.E.I yakni Rachelle Wood, bawang putih mampu melawan radang karena adanya allicin di dalamnya. Kandungan allicin tersebut bisa membunuh virus, bakteri di dalam tubuh.

  • Untuk menurunkan risiko kanker

Jika dimakan mentah-mentah, maka kandungan senyawa sulfur bioaktifnya melimpah dan bisa mencegah terbentuknya sel kanker di dalam tubuh. Hal itu ditegaskan oleh National Cancer Institute di Amerika Serikat, sebab senyawa tersebut akan membunuh sel tubuh yang telah rusak, memperbaiki yang rusak dan melindungi tubuh dari bahaya zat karsinogen serta mencegah penyebaran sel tak sehat yang mengakibatkan penurunan kemampuan tubuh.

  • Bisa mencegah penyakit jantung

Manfaat lainnya dari bawang putih adalah mengurangi adanya penumpukan plak dalam arteri koroner, yakni pembuluh darah yang akan memompa darah ke dalam jantung. Hal itu disebutkan dalam The Journal of Nutrition. Dengan mengonsumsinya secara rutin, khasiat bawang putih ini sangat bermanfaat bagi yang memiliki gangguan metabolisme dan gangguan jantung.

  • Mampu redakan pilek, radang dan infeksi

Jika khasiatnya luar biasa untuk penyakit berat, berbagai penyakit ringan juga bisa diredakan dengan konsumsi bawang putih mentah. Senyawa aktif allicin di dalamnya adalah sebuah antivirus yang ampuh, antijamur dan juga antimikroba yang mampu membunuh berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit umum di masyarakat.

  • Bisa atasi rambut rontok

Masalah rambut rontok bisa mengganggu rasa percaya diri, alopecia atau dikenal juga sebagai kebotakan yang disebabkan adanya penyakit autoimun, bisa diatasi dengan bawang putih mentah. Karena bisa memperkuat akar rambut dan mendorong pertumbuhan rambut juga. Bahkan mengoleskan gel bawang putih dinilai bisa mencegah kebotakan juga.

Demikian adalah beberapa khasiat bawang putih yang baik untuk kesehatan. Tak hanya untuk mengatasi penyakit ringan seperti pilek dan radang, namun juga untuk mengatasi berbagai penyakit parah seperti kanker, gangguan jantung dan masalah pada syaraf. Bahkan bawang putih juga bagus untuk mengatasi kebotakan. Hanya saja bawang putih ini harus dikonsumsi secara rutin supaya bisa memberikan manfaat yang maksimal bagi kesehatan tubuh kita.