Jalani Hari Dengan Manfaat Asmaul Husna

Bagi seorang muslim, pasti tidak asing lagi dengan apa yang namanya asmaul husna. Nama-nama Allah yang berjumlah 99 ini tidak hanya enak didengar karena artinya sangat indah. Asmaul husna melambangkan betapa hebat dan kuatnya Allah. Tuhan segala alam. Kekuasaannya meliputi seluruh kerajaan langit dan bumi. Tak bertanding. Dan tak berpewaris.

Tak hanya mempunyai arti yang bagus. 99 asmaul husna atau nama Allah ini juga memberi manfaat saat kita melantunkannya. Berikut ini ada beberapa khasiat asmaul husna yang wajib kita ketahui.

  1. Memperlancar Rizki

Rizki setiap manusia memang sudah dijamin oleh Allah berapa jumlahnya. Tugas manusia hanya menjemputnya dengan sekuat tenaga. Selain berusaha, rizki bisa didekatkan dengan cara berdoa. Salah satu khasiat asmaul husna adalah sebagai pembuka jalan lancarnya rizki. Sebutlah nama Allah seperti Al-Mughni atau A-Ghaniyyu. Maka rizki ada datang dari jalan yang tidak terduga.

  1. Dapat Menyembuhkan Penyakit

Sakit datangnya memang dari Allah SWT. Sakit bisa disebabkan karena ujian atau bisa jadi karena hukuman. Tugas manusia hanya berikhtiar dengan cara berobat dan berdoa agar diberi kesembuhan. Berdzikirlah dengan menyebut nama Allah dalam asmaul husna Ad-dhar atau An-Nafi’. Karena sesungguhnya Allah lah yang mempunyai kekuasaan untuk menyembuhkan.

  1. Dapat Mendatangkan keselamatan

Sebutlah nama Allah Al-mani’u atau al-mughsitu saat bepergian atau dalam keadaan bahaya. Maka Allah akan melindungi kita dari segala marabahaya yang mengancam sepanjang perjalanan. Karena sesungguhnya Allah maha pelindung dari segala bahaya dan musibah.

  1. Mendapat Ampunan Allah Dari Segala Dosa

Tidak ada satupun manusia yang luput dari kesalahan kecali nabi Muhammad. Karena nabi Muhammad telah dibentuk Allah menjadi khalifah dan bebas dari kesalahan. Maka dari itu, kita hanya manusia biasa hendaknya selalu minta ampun atas segala dosa yang telah kita perbuat. Bertaubat di setiap saat dengan mengucap dzikir asmaul husna Al-afuwwu. Yang artinya maha pemberi ampunan. Agar dosa-dosa kita yang menggunung mendapat pengampunan dari Allah.

  1. Memperlancar Segala Urusan

Dalam kehidupan sehari-hari segala urusan tidak selalu mudah. Ada beberapa urusan yang kadang agak rumit. Agar urusan yang rumit itu bisa menjadi mudah, hendaknya kita selalu minta pertolongan Allah agar dimudahkan. Dengan cara dzikir asmaul husna al-barru dan al-muqtadir.

  1. Mendapatkan Keturunan

Mempunyai anak dan keturunan adalah rizki yang tidak diturunkan pada tiap manusia. Karena ada beberapa pasangan yang telah bertahun-tahun menikah tapi tak kunjung diberi keturunan. Meskipun usaha ke dokter telah dilakukan. Maka hendaklah selalu berdoa kepada Allah agar Allah berkenan menitipkan dzuriyat dan keturunan berupa anak yang shaleh dan shalehah. Dengan menyebut dan berdzikir salah satu dari asmaul husna yaitu Al wahidu. Karena salah satu khasiat asmaul husna adalah untuk mendapatkan keturunan.

  1. Sebagai Pendongkrak Rasa Percaya Diri

Khasiat asmaul husna yang lain adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri. Mungkin pernah suatu waktu kita merasa tidak percaya diri dalam menghadapi sesuatu. Misalnya wawancara pekerjaan. Bacalah dzikir asmaul husna al wajidu yang artinya maha pemberi keyakinan. Maka lihatlah keajaiban. Rasa percaya diri kita akan tiba-tiba muncul.

 

  1. Sebagai Pengendali Nafsu

Allah memberi manusia akal dan nafsu. Kadang kala saat nafsu datang tak terkendali, kita bisa lupa diri. Maka sebutlah nama Allah dalam asmaul husna al mumit atau al muhshi. Agar kita diberi kemudahan untuk bisa mengendalikan nafsu yang dapat merugikan diri sendiri.

  1. Menjaga Harmonisnya Keluarga

Menikah tidak selamanya terasa indah. Karena pernikahan menyatukan dua manusia yang kadang berbeda sifat dan karakter. Maka dari itu akan sering rentan konflik. Pertengkaran dalam rumah tangga memang bisa dikatakan bumbu. Tapi kalau bumbunya terlalu banyak rasa masakan juga tidak enak. Maka dari itu, bacalah selalu dzikir asmaul husna al wadud. Agar keharmonisan rumah tangga terus dapat dijaga oleh Allah sepanjang usia pernikahan kita.

  1. Dapat Mencerdaskan Otak

Menjadi cerdas, selain kita berusaha juga karena atas izin Allah. Maka dari itu, teruslah berdzikir dan menyebut nama-Nya dengan al-hakim, al-aliyyu dan al-ilmu. Agar kita diberi kemudahan ketika belajar. Karena salah satu khasiat asmul husna adalah untuk mencerdaskan otak.

  1. Menghindarkan dari sifat lupa

Lupa adalah ha biasa. Tapi kalau lupa sudah menjadi sifat, maka akan menjadi pelupa. Sifat yang kadang tidak hanya merugikan diri sendiri. Tapi juga orang lain. Maka dari itu, sebutlah selalu Ar-rahman dalam tiap dzikir. Agar terhindar dari sifat pelupa.

  1. Selalu Mendekat Pada Allah

Dekatkanlah diri kita selalu dengan Allah. Karena dengan dekat pada tuhan seluruh pemilik alam, maka kehidupan kita akan senantiasa dirahmati dan dipermudah dalam segala urusan. Mendekatkan diri pada Allah bisa dilakukan dengan dzikir asmaul husna.