junk food

Junk Food Bisa Disulap Jadi Makanan Sehat Dengan Ini

junk foodJunk food menjadi salah satu tantangan dalam dunia kuliner atau kebutuhan makan manusia. Hal ini menjadi salah satu penemuan yang berimbas negatif untuk kehidupan.  Zaman sekarang tidak ada yang tidak mungkin dilakukan. Dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengatahuan memudahkan manusia untuk bertindak. Namun secara tidak sadar ada beberapa dampak buruk yang diakibatkan oleh ini semua. Salah satunya adalah hidup praktis dan tak mau ribet. Nah ini yang kemudian menjadi masalah besar, mungkin banyak yang bertanya. Kok bisa ya orang sekarang sakitnya aneh-aneh gak seperti orang dulu. Nah penyebabnya adalah perubahan pola hidup yang serba praktis ini.

Terutama pada pola makan, yang mana kita lebih suka mengkonsumsi makanan rendah gizi. Bahkan hal ini sudah terbiasa sejak kecil lo. Coba kita buktikan ketika anak kecil diberi pilihan burger dan capcay, maka mereka akan lebih memilih burger. Hal ini seharusnya sudah menjadi alarm buat kita. Zaman sekarang sudah beredar luas beranekaragam junk food seperti mie instan, burger, hotdog, dan lain sebagainya. Untuk menghilangkan kebiasann ini sepertinya sangat sulit, namun bukan berarti kita tidak bisa mengatasinya.

Artikel terkait : Cemilan Sehat

Nah dalam artikel ini kita akan sama-sama mencari solusi dan sharing beberapa cara yang bisa menyulap junk food jadi makanan bergizi dan tentunya mneyehatkan. Dengan kata lain kita tetap bisa menikmati makanan rendah gizi namun tidak memiliki efek jelek bagi kesehatan kita. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Mie instan Jadi Mie organic

Yang akan kita bahas pertama kali yakni makanan yang paling sering kita konsumsi. Hal ini tidak bisa dipungkiri lagi bahwasannya semua orang pasti sering mengkonsumsinya. Apalagi jika di rumah tidak ada makanan, pasti pilihan pertama jatuh pada mie instan. Iya bukan, hehehe.

Mie instan merupakan salah satu jenis junk food yang bisa berbentuk cup atau bungkus plastic biasa. Kalau soal rasa sudah tidak perlu diragukan lagi. Rasa yang ditimbulkan dari bumbu mie isntan ini membuat yang mengkonsumsinya ketagihan ingin lagi dan lagi. Nah perlu anda ketahui bahwasannya bumbu mie instan inilah yang memiliki kandungan bahan kimia yang bahaya bagi tubuh kita jika dikonsumsi terus menerus. Bukan hanya itu mie nya pun memiliki kandungan bahan kimia walaupun sedikit.

Lantas bagaimana untuk mengatasinya, gimana kita bisa tetap konsumsi mie tanpa takut sakit. Nah ada beberapa cara yang bisa anada lakukan. Pertama, anda bisa campur tepung dengan sayur-sayuran bergizi sebagai bahan pewarnanya, misalkan dicampur dengan ubi, ataupun buah bit dan lainnya. Kemudian kalau bisa anda bisa membuat bumbunya secara manual misal dengan perpaduan bang merah, bawang putih cabai dan bumbu dapur lainnya.

  1. Burger daging jadi burger organic

Burger menjadi salah satu makanan modern yang banyak dikagumi oleh semua usia, mulai dari tua hingga muda pasti suka dengan ini. Kalu kita melihat sekilas burger itu kan sehat ya terdiri dari sayuran daging dan lainnya. Namun kenapa masih berbahaya jika dikonsumsi terus menerus. Nah sebenarnya yang jadi pusat perhatiannya yakni bahan roti serta cara penyajiannya.

Jika ingin sehat dan bergizi kita bisa gunakan roti gandum dan isinya bukan daging tapi kita bisa ganti dengan tahu, tempe atau ikan. Hal ini lebih aman karena akan menghindarkan kita dari kolesterol berlebih.

  1. Sarden jadi Pelas tongkol

Sarden atau makanan kaleng sering menjadi pilihan untuk kaum-kaum pekerja. Alasannya sama yakni supaya praktis dan cepat. Namun perlu anda ketahui bahwasannya makanan kaleng / sarden memiliki kadar bahaya tinggi bagi kesehatan. Mulai dari pengawetan yang dilakukan, kaleng yang digunakan sebagai kemasannya.

Nah jangan diteruskan jika anda masih ingin sehat. Ganti sarden dengan pelas tongkol. Tidak perlu membutuhkan waktu yang banyak. Anda bisa memilih pelas kering atau kuah. Jika kuah anda bisa campurkan tongkol segar ke bumbu-bumbu yang sudah disiapkan. Sedangkan jika pelas kering anda bisa campurkan tongkol segar dengan bumbu kemudian dikemas dengan daun pisang dan dikukus. Rasanya enak dan bergizi tinggi.

Itu tadi sedikit contoh menyulap junk food jadi makanan sehat dan bergizi. Masih banyak lagi yang bisa anda sulap. Jangan jadikan kesibukan anda sebagai alasan untuk hidup tidak sehat. Tapi jadikan kesibukan anda sebagai ajang kreatifitas untuk menjaga kesehatan tubuh anda.