Kesehatan Kulit Terjaga Dengan 6 Minyak Terbaik

Sahabat, pernah dengar gak sih minyak-minyakan yang bagus untuk kesehatan kulit? Mungkin yang sering kita dengar minyak zaitun ya yang sudah sangat terkenal untuk kulit apalagi kecantikan. Banyak produk yang pada ingredientnya menggunakan minyak zaitun.

Banyak wanita asia yang cocok dengan perawatan kulit wajah maupun tubuh dengan bahan tersebut. Biasanya yang memiliki masalah berjerawat membandel dengan ditotol bisa mengempiskan dan mengehempaskan jerawat dan berubah dengan kulit yang mulus cantik. Bahkan minyak ini sudah digunakan sejak zaman romawi kuno. Jadi memang tidak diragukan jika minyak satu ini digemari untuk perawatan kulit wajah.

Apa saja kandungan dari minyak zaitun ini?

Terdapat vitamin E, antioksidan dan vitamin K. Selain itu juga terdapat kalium, zat besi dan kalsium yang jumlahnya sedikit. Kandungan terbanyak itulah yang kaya untuk menutrisi kulit wajah, kulit tubuh bahkan untuk kesehatan tubuh yang lain.

Zaitun juga menjadi sunnah Nabi Muhammad pada jamannya untuk menjaga kesehatan loh. Ternyata mengkonsumsi zaitun juga menjadi bagian kita yang muslim menjalankan sunnah Nabi kita bukan? Sudah dapat sehatnya juga dapat pahalanya loh.

Tapi apakah hanya minyak zaitu saja yang punya khasiat bagus untuk kulit? jangan khawatir masih ada minyak lain yang sudah menjadi ingredient pada kosmetik loh penasaran apa saja?

  1. Sea buckthorn

Pernah dengar kah sahabat dengan sea buckthorn ? tanaman ini merupakan buah khas dari china loh yang konon sudah hidup selama 200 tahun. Wow lama sekali bukan, tentu minyak ini juga menjadi salah satu minyak yang terkenal pada pengobatan alami di china. Tidak tanggung-tanggung sudah masuk di kitab obat china. Wah sungguh luar biasa sekali bukan. Nama lainnya yang lebih dikenal yaitu seaberry.

Minyak seaberry ini memiliki kandungan penting seperti vitamin E, vitamin C, asam amino, beta karoten, dan 190 jenis kandungan bioaktif. Istimewanya pada buah seaberry ini vitamin C 8x lebih banyak dibandingakan buah kiwi. Manfaatnya sangat banyak sekali untuk menopous, anti aging, anti kanker, menyembuhkan luka dll.

  1. Argan oil

Jika mendengar tentang pohon argan pasti akan terbayang timur tengah dengan kesan para wanita timur tengah yang cantik. Nah kecantikan yang sungguh mempesona itulah disebabkan rutinnya mengonsumsi minyak argan sehingga kulit terlihat lembab dan halus. Begitu juga dengan mahkota wanita yaitu rambut yang hitam dan indah.

Minyak satu ini mulai jadi ingredient pada perawatan wajah di asia, dimana bagus untuk wajah yang berminyak, berpori-pori besar dan berjerawat. Khasiatnya mampu mengontrol minyak wajah, mengecilkan tampilan pori-pori wajah, menghempaskan jerawat dan yang utama melembutkab serta mencerahkan kulit wajah.

  1. Jojoba

Minyak ini tumbuh subur di Barat Amerika dan Meksiko. Dimana minyak ini sudah merambah untuk bahan penting pada kecantikan. Kandungannya utamanya sebanyak 90% wax ester fungsinya adalah memiliki daya lembab yang tinggi. Sehingga mudah sekali meresap ke dalam kulit tanpa adanya kesan lengket.

Ada pula kandungan vitamin A, D, E, mineral serta vitamin lainnya yang memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan kulit, seperti mencegah kekeringan kulit, antioksidan, melancarkan sirkulai darah dll.

  1. Marula Oil

Minyak ini tumbuh di Afrika Selatan yang sudah dikenal sejak lama untuk perawatan kulit alami. Minyak yang dihasilkan dari buah marula. Menyimpan banyak  manfaat untuk melembabkan, mencerahkan serta menjaga kesehatan kulit. minyak ini cocok untuk semua jenis kulit khususnya kulit berminyak dan sensitif. Mampu mengurangi kelebihan minyak dan menutrisi kulit yang sensitif. Kandungan vitamin C minyak ini 4 kali lebih banyak dibandingkan jeruk sama halnya dengan kandungan vitamin C yang ada pada buah bit, yang berguna untuk mencerahkan kulit dan mencegah penuaan dini serta radikal bebas.

  1. Castor oil

Castor oil atau dikenal dengan minyak jarak diyakini telah memiliki banyak manfaat juga loh. Terdapat kandungan anti radang, anti bakteri, asam lemak dan ricinoleid-acid. Dengan bahan anti radang dan anti bakteri ini mampu mengatasi peradangan kulit, jerawat, kulit terbakar dan kulit kering yang ekstrem. Dianjurkan untuk jenis kulit sensitive-berjerawat.

Selain itu juga mampun menyembuhkan jerawat yang parah sekalipun. Bisa juga dijadikan sebagai pelembab alami dengan kandungan asam lemaknya. Sehingga jika diaplikasikan ke wajah akan mudah sekali meresapnya, menghidrasi kulit dan membuat kulit menjadi lembut dan kenyal. Cocok juga untuk wanita berusia 30 ke atas sebagai memperlambat penuaan dini.

Sehingga kerutan, garis halus di area mata lebih cepat teregenerasi. Berguna untuk hiperpigmentasi juga loh sahabat, biasanya kulit yang belang atau tidak merata jika dioleskan secara rutin dengan minyak ini akan meregenerasi kulit baru dengan cepat, sehingga kesehatan kulit anda akan selalu terjaga.

Baca Juga : Khasiat dan Manfaat Bawang Hitam

  1. Rose oil

Minyak mawar yang tidak asing memang sudah dari dulu kala menjadi minyak terbaik yang tidak kalah dengan minyak lainnya. Minyak mawar ini mampu menghancurkan bakteri yang memunculkan jerawat di wajah kita. Jadi jika sahabat mengalami masalah jerawat oleskan minyak mawar ini di bagian jerawat secara rutin.

Maka tidak akan lama jerawat tersebut akan mengempis. Selain itu juga bisa untuk meningkatkan permeabilitas kulit. bahkan oleh para ilmuwan jerman mengatakan minyak mawar ini mampu menyerap nutrisi lebih banyak jika ditambahkan ke produk kecantikan.

Artikel terkait : Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Itulah 6 minyak terbaik untuk kesehatan kulit anda. Coba gunakan salah satu diantaranya dan rasakan betapa hebat manfaatnya. Tidak perlu susah dan bingung cukup oleskan salah satu minyal tersebut pada kulit anda.