Khasiat Ketumbar untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Di Indonesia sangat kaya dengan rempah-rempah yang tidak hanya menyedapkan masakan saja, namun juga membuat tubuh menjadi jauh lebih sehat dengan konsumsi secara rutin. Contohnya saja khasiat ketumbar. Bukan hanya biasa digunakan untuk menambah citarasa di dalam makanan, namun rempah dengan bau yang khas ini mampu memberikan manfaat yang luar biasa untuk tubuh kita.

Kemampuan ketumbar untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan dikarenakan ia memiliki banyak komponen aktif seperti myrcene, sabinene, linalool dan dekanal serta masih banyak lagi.

Karena adanya segudang zat aktif tersebut, akhirnya berbagai gejala penyakit seperti muntah, pusing, wasir, influenza, radang payudara dan radang lambung, masuk angin, campak, tekanan darah tinggi dan bahkan lemah syahwat bisa diikhtiarkan menggunakan rempah yang satu ini.

Ada beberapa cara penggunaannya sebagai obat, yakni obat dalam dan juga obat luar. Untuk pemakaian sebagai obat dalam, ketumbar akan direbus bersama bahan lainnya yang kemudian air saringannya diminum sampai sembuh. Sementara untuk obat luar, akan ditumbuk halus dan dioleskan pada bagian yang sakit.

Dalam dua sendok makan bubuk ketumbar yang halus, ada beberapa kandungan seperti 30 kalori, sebanyak 1,8 gram lemak, karbohidrat sebanyak 5,6 dan 1,2 gram protein, serta serat. Tidak hanya itu saja, dengan mengonsumsi ketumbar setiap hari ternyata bisa mendukung kebutuhan harian kita lho! Jadi sampai 8% kalsium, kemudian 10 persen zat besi, sebanyak 4 persen vitamin C dan sisanya sebanyak 68 persen adalah vitamin K. Luar biasa, kan?

  • Melancarkan ASI.

Biasanya ibu menyusui identik dengan daun katuk yang mampu melancarkan air susu ibu atau ASI. Ternyata air susu ibu juga bisa menjadi lebih lancar dan lebih deras dengan memanfaatkan rempah yang satu ini. Yakni dengan merebusnya dengan beberapa bahan lain, satu sendok teh ketumbar direbus bersama satu ruas pala, satu sendok teh mungsi, ½ jari kayu manis, buah asam untuk menambah rasa, gula aren dan juga dua gelas air.

Direbus sampai mendidih dan menyusut menjadi segelas saja kemudian saring, jangan lupa diminum setiap hari selama menyusui. Tetapi untuk perhatian, terapi obat menggunakan ketumbar (misal untuk pengobatan kanker dan lain, tidak dianjurkan bagi ibu hamil dan menyusui sampai ada penelitian yang lebih lanjut lagi)

  • Mengatasi keracunan makanan.

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari ketumbar adalah mampu mengatasi keracunan makanan. Hal itu bisa terjadi karena ketumbar memiliki kemampuan untuk membunuh sampai 12 strain bakteri. Berbagai bakteri termasuk E.Colli dan Salmonela bisa diatasi dan begitu pula dengan bakteri penyebab keracunan makanan. Bukan hanya itu saja, berbagai bakteri yang sudah tahan terhadap pemakaian antibiotik juga bisa diatasi dengan ketumbar dalam bentuk minyak

  • Mencegah kanker.

Bukan hanya obrolan biasa, khasiat ketumbar yang satu ini sudah dibuktikan dari serangkaian penelitian yang menyatakan bahwa ketumbar mampu menghambat tumbuhnya heterocyclic amine (HCA) saat daging dimasak.

Sebab banyak penelitian yang menyatakan bahwa kanker bisa disebabkan oleh banyak mengonsumsi makanan dengan HCA. Yang dimaksud dengan HCA itu sendiri adalah bahan kimia yang akan terbentuk saat kita memasak daging dalam suhu yang tinggi.

  • Menurunkan risiko kena penyakit mata.

Hal ini bisa terjadi karena di dalam ketumbar ada keratenoid, dengan adanya zat keratenoid di dalamnya membuat risiko terkena penyakit mata bisa berkurang dengan sangat banyak.

  • Mengatasi aneka masalah pada pencernaan.

Untuk yang mengalami sakit perut, cacingan, konstipasi atau susah BAB, mual, buang gas terus dan juga kejang usus, maka melakukan pengobatan menggunakan ketumbar menjadi solusinya. Caranya dengan meminum air rebusan ketumbar bersama rempah lainnya. Bahkan konon bisa juga menjadi salah satu aspek penting dalam pengobatan hernia yang sering dialami oleh kaum lelaki.

  • Membutuh bakteri dan parasit.

Rempah yang satu ini juga digadang-gadang mampu mengatasi masalah sembelit serta membunuh parasit jahat yang menyebabkan konstipasi, serta terjadinya sindrom iritasi usus.

Akan tetapi, sekalipun memiliki banyak manfaat yang luar biasa untuk kesehatan kita, ketumbar juga memiliki beberapa sisi yang harus dikhawatirkan dalam pemakaiannya. Contohnya bisa menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif pada sinar matahari sehingga bisa muncul sensitivitas kulit dan juga seperti terbakar. Ada juga yang harus berhati-hati saat menggunakan ketumbar, yakni mereka yang memiliki gula darah tinggi.

Penderita gula darah tinggi tentunya sedang mengonsumsi  obat diabetes dan harus diperhatikan pemakaiannya karena ketumbar bisa menurunkan kadar gula yang berlebihan di dalam darah. Jangan sampai kandungannya jadi terlalu rendah. Mereka yang memiliki tekanan darah rendah tidak dianjurkan mengonsumsi ketumbar, karena bisa menyebabkan penurunan tekanan darah yang notabene bisa membahayakan pasien rendah darah.

Supaya lebih aman dan daparkan khasiat ketumbar, pastikan mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar dan dosis yang tak berlebihan.

Aplikasi Manfaat Ketumbar Untuk Pegangan Anda di HP :Manfaat Ketumbar