Kulit Wajah Tetap Kinclong Dengan 4 Kebiasaan Ini

Kulit wajah yang selalu berseri menjadi idaman semua orang. Menjaga kesehatan tentunya menjadi hal wajib untuk mewujudkannya. Kesehatan yang meliputi jiwa dan raga perlu diperhatikan untuk tetap seimbang. Kesehatan yang harus kita jaga tentunya banyak sekali ya jika benar-benar di teliti. Selain bagaimana organ vital tubuh kita, ternyata kulit juga butuh dinutrisi loh. Kulit merupakan tampilan luar pada tubuh kita, jika tidak mendapat nutrisi yang baik tentu akan terlihat kusam maupun tidak sehat.

Kali ini akan membahas tentang bagaimana caranya menjaga kesehatan kulit wajah. Bagi kita yang hidup di Negara tropis tentunya membutuhkan perawatan yang ekstra  sebab,  setiap hari kita terus terpapar oleh sinar matahari. Kenapa begitu sahabat? Ya ada masa tertentu sinar matahari itu memberikan manfaat bagi tubuh kita namun, di jam-jam tertentu sinar matahari justru memberikan efek negatif untuk tubuh kita.

Apalagi bagi sahabat yang pekerjaannya lebih banyak dihabiskan di lapangan pasti sering terpapar sinar matahari. Sering bukan jika sahabat mengalami kulit terbakar, kulit gosong ataupun belang karena lamanya terpapar sinar matahari. Jangan salah sahabat kalau sering terapar sinar matahari tanpa merawat atau menutrisi kulit bisa mengakibatkan kanker kulit loh. Jadi jangan malas ya untuk merawat kulit wajah supaya tetap sehat.

Tips supaya kulit wajah tetap sehat

  1. Rajin membersihkan wajah dalam sehari dua kali

Ketika wajah sahabat bersih tentunya akan terhindar dari penumpukan kotoran di wajah. Jika di biarkan akan mengakibatkan jerawat, pori-pori membesar, komedo bahkan kusam. Usahakan untuk tidak malas mencuci wajah dan dianjurkan untuk melakukan double cleanser di malam hari. Kenapa harus double cleanser? Hal ini akan efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati, sebum yang seharian terapar sinar matahari juga polusi.

Double cleanser itu seperti apa? Sebelum kita menggunakan pembersih wajah seperti facial foam, facial wash, facial scrub nah ada pembersih pertama. Dari jaman dulu sudah ada produk viva dengan milk cleansernya nah ini yang dinamakan double cleanser. Sahabat bisa memilih yang mana saja asalkan sesuai dengan kebutuhan kulit sahabat dan budget. Sebab saat ini banyak sekali pilihannya ada yang berupa scrub, oil lotion, butter dan milk cleanser.

  1. Pakailah sunscreen

Sunscreen merupakan protection untuk kulit wajah kita dari terpaparnya sinar UVA dan UVB. Biasanya terdapat kandungan SPF 10, SPF 15, SPF 25, SPF 30, SPF 50 pada beberapa merk sunscreen. Hal tersebut juga memiliki perlindungan yang berbeda beda tentunya.

Saat ini merk sunscreen sudah banyak memproduksi dengan SPF 30 atau 50. Semakin tinggi SPF-nya maka lebih melindungi dengan baik dari resiko terpaparnya sinar UVB yang mampu membakar wajah dan bisa mengakibatkan permasalahan kulit lainnya. Karena kita tinggal di daerah tropism aka carilah sunscreen yang memiliki banyak kandungan aqua yang mampu menghidrasi kulit dan menjaga kulit dari paparan sinar matahari.

  1. Moisturizer

Menjaga kelembapan kulit merupakan hal penting juga. Selain pembersihan yang dilakukan secara rutin, memberikan protection dengan sunscreen ternyata wajah juga membutuhkan bahan yang mampu memberikan kelembapan seimbang supaya tidak kering, maupun terlalu berminyak.

Bukan berarti memiliki kulit berminyak tidak membutuhkan pelembab yaa, justru sangat disarankan tetap menggunakan yang kandungannya sesuai untuk kulit berminyak. Begitu juga dengan kulit yang kering, akan terhidrasi dengan baik jika diaplikasikan pelembab yang sesuai supaya elastisitas kulit wajah tetap terjaga.

Pelembab yang baik adalah yang bisa menjaga elastisitas kulit kita dengan baik, tidak membuat kulit wajah terlihat oily namun terlihat segar dan sehat. Disarankan pelembab ini juga digunakan oleh kaum pria. Meskipun kulit pria terlihat lebih kasar seperti tidak membutuhkan perlindungan apapun itu merupakan tindakan yang kurang baik ya.

Para pria juga harus memperhatikan kulit wajahnya supaya tetap sehat dan tidak terjadi berbagai masalah wajah yang nantinya akan menumpuk. Saat ini juga mulai banyak dikeluarkan brand-brand skincare untuk pria. Jadi bukan menjadi alas an jika pria tidak merawat kulit wajahnya.

Artikel terkait :

Penuaan Dini Bisa Dihindari Dengan Makanan Ini

Kesehatan Kulit Terjaga Dengan 6 Minyak Terbaik

 

  1. Masker

Melakukan treatment berupa masker juga mampu memberikan nutria kulit wajah supaya segar setelah beraktivitas selama seharian. Menggunakan masker sebenarnya bisa dilakukan setiap hari asalkan sahabat memiliki waktu yang cukup. Jika sahabat termasuk orang yang sibuk bekerja bisa dilakukan 3 atau 4 kali dalam seminggu di malam hari. Saat ini beragam sekali masker yang ada tinggal sesuaikan saja dengan jenis kulit sahabat supaya kulit wajah tetap terjaga dan sehat.

Berbagai macam masker yang ada di pasaran dengan berbagai macam harga juga. Jika sahabat termasuk orang yang tidak suka ribet akan cocok jika menggunakan sheet mask. Pengampikasiannnya pun cukup mudah tinggal tempelkan ke wajah selama 10-15 menit kemudian ratakan pada wajah supaya sisa-sisa maskernya meresap ke dalam wajah, atau juga bisa bilas dengan air bersih. Ada juga jenis masker yang bisa digunakan yaitu wash off, peel off, mud mask dan banyak lagi.

Cara yang cukup mudah dan simple sekali untuk dilakukan sehari-hari kan sahabat, semua tahapan dalam menjaga kulit tentunya hal yang perlu dilakukan secara rutin dan kontinu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Terlebih bagi sahabat yang memiliki masalah pada kulit wajah yang justru menjadi hal penting untuk melakukan ekstra perawatan. Tips dalam merawat adalah bukanlah soal mahal ataupun murah produk yang digunakan. Akan tetapi produk yang sesuai dengan kebutuhan wajah sahabat.