Macam-Macam Khasiat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Ada yang belum tahu khasiat kunyit? Rempah yang tidak hanya digunakan untuk menyedapkan makanan ini juga sering digunakan untuk pewarna makanan. Di dalam kunyit terkandung jenis senyawa kimia yang disebut sebagai minyak atsiri dan juga kurkumin. Adapun aroma khas dari kunyit ini didapatkan dari minyak atsiri, yang di dalamnya terkandung alkohol seskuiterpen. Selain itu, rimpang kunyit juga memiliki kandungan protein, kalsium, lemak, gom dan juga fosfor.

Sejak lama sekali kunyit telah digunakan sebagai obat alami serta pewarna alami. Banyak yang menggunakan kunyit sebagai obat karena kualitas antibakteri dan antiseptiknya yang oke. Kunyit ini mampu digunakan untuk menyembuhkan psoriasis dan juga radang sendi. Bahkan efeknya sama dengan flouride untuk urusan menjaga kesehatan gigi, selain itu juga mampu membantu dalam pencernaan serta depresi juga.

Di dalam kunyit terdapat khasiat antivirus, sekaligus antiradang dan juga antimikroba, bahkan juga berpotensi meningkatkan jumlah antioksidan yang ada di dalam tubuh. Rempah kunyit ini juga mengandung sejumlah senyawa fenolik alami yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita.

Berikut adalah beberapa khasiat kunyit yang bisa didapatkan dengan konsumsi rutin setiap harinya :

  1. Anti radang

Manfaat yang pertama dari kunyit adalah sebagai anti radang, sebab kunyit memiliki zat alami yang memiliki khasiat anti peradangan yang kuat. Bahkan dalam sebuah penelitian, sekitar 117 orang dengan diagnosis masalah pencernaan diberikan 1 gram bubuk kunyit yang mereka jadikan teh selama kurang lebih 8 minggu. Ternyata di dalam akhir penelitian ditemukan bahwa peradangan dalam pencernaan mereka menjadi lebih rendah dibandingkan mereka yang tak mengonsumsi kunyit dan hal itu membuktikan bahwa salah satu khasiat dari kunyit adalah untuk mengobati radang, pengobatan radang usus khususnya.

  1. Obat radang lambung

Manfaat dari kunyit yang satu ini telah disebutkan dalam jurnal Systematic Reviews, mereka menemukan bahwa masyarakat yang memasukkan sesendok kunyit di dalam masakannya memiliki sistem pencernaan yang jauh lebih sehat dibandingkan mereka yang tidak. Sistem pencernaannya adalah lambung juga usus besar. Ketahuilah bahwa beberapa macam makanan itu bisa mengikis dinding usus dan juga bisa membahayakan lambung. Dengan adanya senyawa yang terkandung di dalam kunyit memiliki manfaat untuk melapisi dan juga melindungi dinding lambung, yakni memperbanyak produksi lendir di dalamnya.

  1. Mengurangi gas berlebih di dalam pencernaan

Ketahuilah bahwa kentut atau buang gas penting sebagai tanda bahwa sistem cerna kita baik-baik saja. Akan tetapi jika terus menerus maka ada masalah dengan sistem pencernaan kita. Salah satu manfaat kunyit adalah untuk mengatasi masalah pencernaan yang satu ini. Begitu ampuh untuk kurangi adanya tekanan gas. Saat ada asam di dalam perut kita yang berlebih, maka senyawa kunyit memiliki fungsi untuk menguranginya. Gas yang berlebih juga membuat perut jadi terasa kembung dan begah. Cara mendapatkan khasiatnya adalah dengan menuang sesendok bubuk kunyit dalam segelas air hangat dan konsumsi rutin, di dalam dua minggu sudah bisa terasa khasiatnya.

  1. Untuk redakan sakit yang disebabkan irritable bowel syndrom

Adanya kondisi tak normal dimana terjadi kontraksi usus menjadi tidak normal, sehingga kerja usus besar tak maksimal adalah irritable bowel syndrom atau IBS. Adapun kunyit ternyata bisa menjadi obat alami yang mampu kurangi abnormal pada gerakan usus. Memiliki kandungan mineral, vitamin dan berbagai bahan kimia lainnya, ternyata kunyit bisa meredakan sakit tersebut yang bisa sebabkan diare juga.

  1. Mampu mengurangi mual

Ada berbagai kondisi yang bisa mengakibatkan kita merasa mual, misalnya saja dehidrasi, stres dan juga terjadi infeksi pencernaan pun bisa sebabkan rasa mual. Apabila ada ras amual yang disebabkan oleh gangguan pada sistem pencernaan, maka bisa memanfaatkan kunyit sebagai obat mual. Adanya kandungan phytochemical di dalam kunyit akan menghasilkan antioksidan untuk memerangi racun, hingga akhirnya mual pun bisa diredakan sampai sembuh.

  1. Digunakan untuk redakan diare

Diare bisa terjadi karena berbagai hal, misalnya saja karena virus, keracunan makanan, dampak dari alergi, serta aneka makanan yang tak sehat. Apabila mengonsumsi teh kunyit, maka kita bisa menyembuhkan diare dengan lebih cepat. Hal itu bisa terjadi karena adanya kandungan kalium dan juga magnesium di dalam kunyit, akan seimbangkan cairan tubuh yang telah terkuras oleh diare yang terjadi.

Demikian adalah beberapa khasiat kunyit yang luar biasa. Karena kunyit merupakan tanaman herbal, minim efek samping buruk dan khasiatnya sangat baik untuk kesehatan, maka kita harus mengonsumsinya dengan cara yang rutin, dalam jangka waktu yang cukup lama. Setidaknya dalam tiga sampai empat minggu, barulah kita akan merasakan khasiatnya. Walau demikian, khasiat kesehatan yang dimiliki oleh kunyit bertahan jangka panjang di dalam tubuh.