Sticky

Bawang yang memiliki warna hitam merupakan bawang yang diyakini memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan dibandingkan dengan bawang-bawang yang lainnya. Apakah sih sebenarnya yang dimaksud dengan bawang hitam dan apa saja khasiatnya bagi kesehatan tubuh kita? Berikut penjelasan secara detailnya.

Apa Sih Bawang Hitam Itu?

Bawang hitam atau yang biasa disebut dengan black garlic adalah sejenis bawang putih yang dilakukan proses alami pada suhu dan juga pada kelembapan tertentu. Sehingga nantinya akan tercipta sebuah formulasi kimia yang menghasilkan jenis bawang yang didalamnya berwarna hitam yang mana memiliki kandungan farmakologis yang baik untuk kesehatan vitalitas dari tubuh.

Black garlic merupakan bawang hasil fermentasi yang difermentasikan dalam waktu yang cukup lama sehingga mengakibatkan daging buah yang ada di dalamnya berwara hitam. Bawang ini memiliki perbedaan dengan bawang putih yang biasa, yakni bawang putih hitam memiliki tekstur yang lebih lembut, gurih, kenyal serta memiliki rasa yang agak manis karena hasil fermentasi.

Kelebihan yang menjadikan bawang ini menjadi begitu istimewa ialah karena kandungannya begitu beragam dan sangat baik untuk kesehatan. Bahkan memiliki manfaat 3x lebih besar dibandingkan dengan bawang putih biasanya. Adapun kandungan yang ada pada  black garlic ialah beberapa senyawa aktif seperti flavonoid, polifenol, minyak atsiri, vitamin B1, belerang, fosfor, lemak dan masih banyak lagi yang lainnya.

Beberapa Khasiat Atau Manfaat Dari Bawang Hitam

Setelah kita mengetahui berbagai kandungan senyawa lengkap yang terdapat pada di dalam bawang hitam. Berikut ini ialah beberapa manfaat dari bawang putih yang difermentasikan menjadi hitam, diantaranya ialah :

  1. Sebagai anti kanker

Bawang putih hitam yang merupakan hasil fermentasi memiliki kandungan diallyl sulfide yang telah dipercaya memiliki sifat anti kanker yang mampu mencegah hingga menghancurkan berbagai penyebab sel kanker di dalam tubuh. Sehingga apabila kita menginginkan badan yang selalu sehat, kita bisa menambahkan jenis bawang ini ke aneka olahan masakan.

  1. Dapat menurunkan tekanan darah tinggi

Selain untuk anti kanker, bawang putih hitam ini juga ternya bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Yang mana telah terjadi penelitian yang berhasil membuktikan bahwa mengonsumsi bawang putih yang difermentasi ini secara rutin mampu menurunkan resiko tekanan darah tinggi hingga mencapai 7-8 %.

  1. Dapat menurunkan kadar gula

Pada sebuah penelitian juga menyatakan bahwa bawang putih hitam ini telah membuktikan mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Sehingga dengan kita mengonsumsi bawang ini secara rutin atau teratur maka kadar gula darah yang ada di dalam tubuh akan terjaga. Hal ini dikarenakan produk alami yang dihasilkan oleh bawang hasil fermentasi ialah produk insulin yang berguna untuk menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.

  1. Menjadi sumber nutrisi yang rendah kalor

Kandungan nutrisi yang ada pada bawang ini sangat banyak yang memiliki fungsi yang baik untuk tubuh. Adapun berbagai kandungan yang ada di dalam bawang ini sangat banyak, meskipun begitu, tidak ada senyawa beracun yang terkandung didalamnya seperti kalori dan lemak jenuh. Sehingga manfaat dan kandungan yang ada pada bawang ini akan melindungi tubuh dari berbagi penyakit yang akan datang.

  1. Dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh

Bawang hasil fermentasi bawang putih ini juga memiliki manfaat dapat menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Dimana terdapat suatu penelitian yang membuktikan bahwa mengonsumsi bawang ini bisa menurunkan kolesterol sampai dengan 15 %, oleh karena itu jika kita menginginkan hidup sehat alangkah baiknya jika kita rutin memakan bawang ini.

  1. Dapat menurunkan resiko obesitas

Selain dapat menurunkan kolesterol, bawang ini juga memiliki kemampuan dalam menurunkan resiko terjadinya resiko obesitas. Yang mana pada bawang hasil fermentasi ini memiliki kandungan sebagai zat anti inflamasi yang mana zat tersebut mampu mengatur lemak di dalam tubuh sehingga pastinya akan membuat tubuh menjadi ideal.

  1. Mengobati sakit gigi

Siapa yang menyangka sebuah bawang bisa mengobati sakit gigi? Ya memang begitu adanya. Bawang putih yang telah difermentasikan memiliki kemampuan untuk mengobati sakit gigi. Yang mana pada bawang memiliki kandungan sifat analgesik yang dapat digunakan untuk menghilangkan bakteri yang menyebabkan gigi menjadi tidak sehat. Bahkan kandungan yang terdapat di dalam bawang ini mampu menghilangkan rasa sakit karena kandungan sifat antibakteri dan anti virusnya akan membasmi segala penyebab penyakit yang ada di gigi.

Demikianlah beberapa informasi penting dan menarik yang bisa kami sampaikan terkait dengan beberapa kandungan yang ada di bawang hitam dan juga beberapa manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca serta mampu menambahkan wawasan kita sebagai kaum awam. Selamat mencoba dan semoga berhasil mengambil manfaat yang ada!

Acar bawang putih menjadi salah satu terobosan baru dalam mengkonsumsi bawang putih. Seperti yang kita ketahui, bawang putih sudah sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Dan pastinya bumbu mungil berwarna putih dan berbau khas ini selalu tersedia di semua dapur para  ibu-ibu di rumah. Bawang putih sudah menjadi andalan untuk bumbu segala masakan dari yang berbentuk masakan kering sampai masakan yang berkuah pun bawang putih tetap eksis dalam mempengaruhi dan menentukan cita rasa dari masakan yang kita buat.

Sudah tidak ragukan lagi bahwa bawang putih selain sebagai kunci dari bumbu masakan juga memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Adapun kandungan yang terdapat di dalam bawang putih diantaranya: minyak atsiri yang bermanfaat sebagai anti bakteri, allicin sebagai anti kolesterol untuk mencegah penyakit jantung, kalsium, saltivine, Diallysulfide, alilpropil- disulfida yang bertindak sebagai anti cacing. Selain itu juga ada lemak, protein, belerang, besi, fosfor, dan berbsagai macam vitamin seperti Vitamin A, C dan B1.

Setelah anda mengetahui banyaknya manfaat yang dikandung di dalam bawang putih ini, maka bawang putih ini bisa dijadikan sebagai obat alami dalam penyembuhan berbagai penyakit, dan tidak menutup  kemungkinan menjadikannya sebaga rutinitas konsumsi sehari-hari. Tetapi yang menjadi permasalahn saat ini adalah tidak semua orang menyukai rasa dan bau bawang putih mentah atau belum di masak.

Bagi anda yang tidak bisa mengkonsumsi bawang putih secara langsung atu mentah ada cara alternetive untuk membuat bawang putih ini menjadi enak dan bisa dikonsumsi dengan mudah, bukan digunakan sebagai bumbu masakan melainkan dibuat acar bawang putih. Acar bawang putih adalah mengolah serta memberikan tambahan bumbu pada bawang putih sehingga aroma serta rasanya berubah menjadi enak dan lezat.

Adapun cara pembuatannya sangat mudah dan sederhana yaitu:

  • Bahan : Bawang putih 1 Kg dan Air dua gelas
  • Bumbu: Cuka Larutan ¼ gelas, Gula pasir ½ sendok makan, Garam 1 sendok makan
  • Cara Pembuatan: Bawang putih dikupas kemudian dimasukkan kedalam stoples, Dimasukkan air cuka, garam, gula pasir, ditutup rapat, dibiarkan 4 hari tertutup. (boleh juga diberi cabe merah)

Acar bawang putih ini juga memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya seperti halnya bawang putih yang belum diolah, nutrisinya tetap terjaga dengan baik walaupun sudah ditambahi bumbu tidak ada yang berkurang. Lalu manfaat apa saja sih yang terkandung dalam acar bawang putih ini? Di bawah ini beberapa manfaat yang harus kita ketahui mengenai acar bawng putih diantaranya adalah:

  1. Sebagai anti bakteri dan antiseptic

Setelah dibuat acar pastinya rasa dar bawang putih itu sendiri pasti lebih enak karena sudah dicampur dengan berbagai bumbu, tetapi hal ini tidak mempengaruhi kandungan di dalam bawang putih, awalnya bawang putih memang memiliki kandungan antibiotik dan antiseptic secara alamiah yang berfungsi menangkal berbagai macam penyakit akibat infeksi kuman dan bakteri.

  1. Obat anti kanker

Bawang putih mengandung antioksidan, maka acar bawang putih dapat digunakan sebagai penangkal radikal bebas. Selain itu antioksidan di dalamnya ampuh mencegah pertumbuhan sel-sel kanker pada tubuh anda. Maka setelah dibuat acar maka anda bisa melakukan pengobatan dengan bawang putih dengan nyaman.

  1. Mengendalikan Kadar gula Darah

Bawang putih dapat mengendalikan kadar gula dalam darah yang dapat memicu seseorang terkena penyakit diabets. Bahkan dengan rutin mengkonsumsi acar bawang putih secara rutin dapat menurunkan kadar gula secara signifikan di dalam tubuh kita.

  1. Dapat Mencegah Hipertensi Serta Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan allicin yang terdapat di dalam acar bawang putih dipat menurunkan kolesterol yang dapat memicu penyakit jantung. Bukan hanya itu, kandungan selenium dan germanium dapat membantu mencegah pembekuan darah abnormal serta menormalkan tekanan darah. Jika anda memiliki gejala hipertensi dan kadar kolesterol anda tinggi maka anda bisa mencoba menggunakan acar bawang putih sebagai altenative.

  1. Mencegah Penuan Dini

Mengkonsumsi makanan yang kurang sehat juga bisa mengakibatkan penuan dini pada seseorang. Manfaat acar bawang putih ini bisa menjadi solusi untuk mencegahnya. Karena bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengurangi dari bahara radikal bebas. Selain itu juga harus diimbangi dengan nutrisi dari makanan lain.

  1. Dapat Mencegah Kekurangn Darah (Animia)

Jika anda sering merasa pusing gara-gara kekurangan darah itu sangat menganggu aktivitas sehari-hari anda. Acar bawang putih bisa dijadikan salah satu solusi untuk mencegah dari kekurangan darah (animia), karena bawang putih memiliki kandungan zat besi yang sangat cocok untuk mengurangi gejala-gejala animea.

  1. Memepercepat Pertumbuhan Sel dan Syaraf

Bawang putih dapat membantu dalam hal mempercepat proses pertumbuhan sel dan jaringan. Bukan hanya itu, bawang juga bisa merangsang susunan sel syaraf pada tubuh kita. Karena di dalam bawang putih mengandung saltivine yang sangat baik untuk hal tersebut.

  1. Mengatasi Keracunan

Jika anda mengalami keracunan baik yang disebabkan makanan atau yang lainnya. Anda bisa menggunakan bawang putih untuk mengatasinya. Karena di dalam bawang putih mengandung Antioksida sebagai detox bagi tubuh kita.

Untuk menjaga kesehatan tubuh kita harus mencarai berbagai cara untuk menjaganya. Ketika kita tidak suka mengkonsumsi bawaang putih secara langsung. Maka ada alternative lain yang dapat kita gunakan membuatnya menjadi acar. Sehinnga manfaat yang ingin kita dapat dari bawang putih akan tetap kita dapat dengan cara yang lain. Semoga tulisan di atas dapat memberikan manfaat bagi and dan bisa menjadikan referensi untuk hidup sehat anda.