Makanan dan Minuman Manis Tanpa Efek Samping

makanan dan minuman manisMakanan dan minuman manis tanpa efek samping menjadi kebutuhan manusia saat ini. Karena mudahnya terserang diabetes jika mengkonsumsi makanan dan minuman manis. Dilansir dari federasi diabetes internasional tahun 2017 menyatakan bahwa 8,8 persen populasi menderita diabetes mellitus. Pasti hal ini akan menjadi perhatian khusus di setiap Negara di belahan dunia. Saat ini diabetes melitus memasuki peringkat ke-6 penyakit berbahaya di dunia. Di Indonesia sendiri juga mengalami peningkatan jumlah penderita diabetes.

Apa sih yang menyebabkan diabetes bisa muncul di tubuh kita? terlepas adanya gen dari keluarga juga pengaturan pola hidup kita. Pola makan yang tidak teratur, dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari juga minuman yang sering dikonsumsi. Bagi sebagian orang memilih makanan dan makanan yang enak sesuai dengan keinginannya. Hal langka yang dilakukan yaitu memperhatikan apa makanannya dan minumannya, tidak berfikir tentang sehat atau tidak jika dikonsumsi jangka panjang.

Yuk kita pilah-pilah makanan dan minuman manis yang tidak menimbulkan gula darah naik. Tentunya yang aman untuk penderita diabetes.

  1. Sayuran

Memakan sayur mayur tentunya akan memberikan efek baik untuk tubuh kita. terutama sayuran yang memiliki serat tinggi dan rendah gula.

  • Brokoli : baik untuk tubuh karena memiliki kalori yang rendah hanya 34 kcal dan gula 1,7 g. sehingga sangat aman untuk penderita diabetes.
  • Wortel : dengan kandungan kalori 41 kcal dan gula 4,7 g. ini juga aman untuk penderita diabetes.
  • Terong ungu : kandunga serta terong ukuran sedang setara dengan satu buah apel dan jeruk. Seratnya yang tinggi dapat mengkontrol kolesterol dan gula darah.
  1. Buah buahan

Tubuh juga sangat membutuhkan asupan buah cukup loh ya. Per hari setiap dari kita membutuhkan 100 gram buah setiap harinya. Setara dengan 1 buah apel ukuran sedang.

  • Jambu biji merah : kandungan seratnya 5,4 g ini mampu memperlancar pencernaan. Jadi cocok untuk penderita diabetes yang mana pankreasnya tidak berfungsi secara normal. sehingga dapat membantu untuk melancarkan.
  • Melon : terdapat kandungan sertanya yang berfungsi memperlancar pencernaan. Sehingga rutin mengkonsumsi ini akan mampu mengontrol gula darah juga.
  • Kiwi : dengan kandungan mineral 83%, gula 9 g dan serat 3 g bisa dikonsumsi dengan aman untuk penderita diabetes. Meskipun gula-nya  9 g masih terimbangi dengan kadar mineral yang cukup banyak.
  1. Biji bijian

Sebagai sumber karbohidrat yang baik dan aman tentunya memilih yang kandungan kalorinya rendah ya sahabat. Banyak sekali biji-bijian yang bagus untuk penderita diabetes. Apa saja sih?

  • Beras merah : kandungan kalori beras merah lebih rendah dibandingkan beras putih. Dengan serat 3.5 gr, lemak 1.8 gr, 45.8 karbohidrat. Sehingga dengan memakan beras merah akan lebih terkontrol rasa laparnya. Energy yang dihasilkan pun lebih maksimal dan tidak menimbulkan kantuk.
  • Roti gandum : kaya akan serat dan nutrisi untuk tubuh. Selain itu juga rendah gula. Sehingga bisa dijadikan alternative pengganti nasi putih yang memiliki kandungan gula tinggi.
  • Quinoa : kandungan yang banyak akan protein dan gluten free. Sehingga sangat aman untuk penderita diabetes.
  1. Minuman

Beragam minuman yang ada dikehidupan kita tapi, manakah yang baik dan berkhasiat untuk tubuh tanpa menimbulkan penyakit? Tentu minuman yang bebas dari bahan pengawet, pemanis buatan dan kandungan berbahaya lainnya.

  • Air putih : masih banyak yang menghibdari air putih karena rasanya. Tapi mau tidak mau, tubuh kita membutuhkan cairan yang cukup. Saran dari IMMDA kebutuhan tubuh perhari 0.03 liter/berat badan.
  • Jus buah tanpa gula : mengkonsumsi jus setiap hari sangat baik untuk tubuh. Selain memberikan energy juga dapat memperlancar pencernaan kita. membantu membuang racun dalam tubuh.

Pilihan makanan dan minuman manis di atas bisa menjadi alternative untuk penderita diabetes. Meski penderita diabetes kelebihan gula, tetap ya dalam tubuh juga membutuhkan kadar gula. Hanya saja dengan mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut dapat mengontrol kadar gula darah supaya normal.