Manfaat Biji Nangka Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat biji nangka memang banyaj yang belum tau. Biji yang terkandung dalam buah yang kita pasti tidak asing mendengarnya yakni buah nangka. Buahnya yang enak, manis membuat lidah kita selalu ingin mengunyahnya. Pada umunya masyarakat Indonesia hanya terfokus pada buahnya saja tanpa memperhatikan komponen lainnya. Hampir semua buah yang dikonsumsi oleh orang Indonesia, bijinya selalu di buang dan jarang dimanfaatkan.

Namun jangan salah, manfaat biji nangka begitu banyak bagi kesehatan dan kecantikan. Pasti anda semua penasaran apa sih manfaat biji nangka ini, terutama bagi para sosialita atau para wanita yang ingin dirinya terlihat muda dan cantik.

Di dalam biji nangka terkandung berbagai senyawa kimia yang baik untuk kesehatan kita. Senyawa tersebut antara lain :

  • Serat
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Vitamin A, B, dan C.
  • Seng
  • Fosfor .
  • Kalsium
  • Antioksidan

Mungkin anda kaget ketika melihat kandungan dari biji nangka, tapi ini fakta. Sebab itulah mengapa biji nangka sangat baik untuk Kesehatan dan Kecantikan.

Setelah membahas tentang kanndungan dari biji nangka, sekarang kita akan mengupas, apa saja manfaat dari Biji nangka. Berikut ini adalah berbagai manfaat dari biji nangka yang dikonsumsi, baik direbus maupun sebagai obat-obatan.

  1. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi yang terdapat dalam biji nangka sangat baik untuk sel darah merah kita. Zat besi yang ada dalam tubuh kita akan memproduksi sel-sel darah merah. Sehingga resiko untuk anemia sangatlah kecil.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut

Biji nangka mengandung vitamin A, yang sangat cocok untuk kesehatan rambut. Karena vitamin A yang ada dalam tubuh kita akan memberi kesehatan rambut dan mengurangi kerontokan pada rambut.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang ada dalam biji nangka sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata kita, sama halnya dengan wortel.  Bila kita mengkonsumsi biji nangka secara teratur mata kita akan sehat. (Baca juga : Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Tubuh)

  1. Mengganti Sel-Sel yang Rusak

Ketika anda jatuh pasti ada sel dalam tubuh yang terluka atau rusak. Dianjurkan anda mengkonsumsi biji nangka, karena kandungan protein di dalamnya akan bekerja mengganti sel-sel yang rusak  dalam tubuh.

  1. Melembutkan Kulit

Ketika kita mengkonsumsi banyak nutrisi maka kelembutan kulit kita akan terjaga dengan baik. Dengan mengkonsumsi biji nangka secara teratur maka kulit anda akan selalu terlihat dan terasa halus karena di dalam biji nangka terkandung nutrisi yang melimpah.

Baca juga : Manfaat Bunga Mawar, Macam-macam Khasiat Kunyit

  1. Mencegah Sembelit

Sembelit adalah hal yang akan menyiksa kita, karena sembelit menyebabkan ketidak lancaran BAB, maka dari itu anda dianjurkan mengkonsumsi biji nangka karena terdapat  serat yang akanmemperlancar BAB anda.

  1. Melawan Keriput

Keriput adalah hal yang sangat ditakuti oleh semua orang, terutama kaum hawa, karena dalam kondisi ini, kulit sudah tidak sekencang saat muda, namun perlu diketahui bahwa kandungan antioksidaan yang tinggi dalam biji nangka sangat bagus untuk peremajaan kulit.

  1. Menghilangkan Flek Hitam.

Untuk kecantikan, tidak perlu diragukan lagi, biji nangka dengan berbagai kandungannya sangatlah cocok untuk penghilang flek hitam pada kulit sehingga kulit terlihat mulus tanpa noda dan bekas jerawat.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Sistem Imun  yang baik akan mampu membentuk antibodi dari racun yang ada dalam tubuh kita. Kandungan vitamin C dalam biji nangka mampu membantu tubuh untuk menguatkan dan memperbaiki sistem imun  menjadi lebih kuat. Jadi ketika kita mengkonsumsi biji nangka secara teratur maka imun kita semakin kuat dan kita akan menjadi sehat.

Artikel terkait : Khasiat dan Manfaat Bawang Hitam Untuk Kesehatan

Sudah tau kan manfaat dari biji nangka, mulai sekarang jangan buang biji nangka tersebut, tapi menfaatkan lah untuk Kesehatan atau Kecantikan. Karena memang begitu banyak kandungan baik yang sangat efektif guna menyehatkan tubuh, melawan berbagai penyakit, menjaga kesehan kulit dan kecantikan wajah. Selamat Mencoba.