Manfaat Daun Basil Untuk Kesehatan Kita

Manfaat daun basil untuk kesehatanManfaat daun basil untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi, daun basil menjadi salah satu tanaman obat keluarga. Tidak bisa dipungkiri makanan sehat merupakan pokok untuk asupan sehari-hari kita. Sayuran tidak pernah lepas untuk kita konsumsi setiap hari. Rasanya ada yang kurang jika makan tanpa sayur. Kurang sayur pun biasanya kita akan mengalami masalah pencernaan. Oleh sebab itu variasi sayur supaya tidak bosan tentu penting sekali.

Daun basil ini jika diperhatikan dari ciri-ciri fisiknya memang hampir mirip dengan daun bayam. Hanya saja daunnya lebih kecil dan terlihat mengkilap. Sangat segar jika dijadikan sebagai jus sehat. Cara menanamnya pun sangat mudah, walaupun minim lahan untuk tumbuh-tumbuhan. Cukup tanam di pot ukuran sedang, pencahayaan yang cukup dan air yang cukup maka akan tumbuh dengan baik.

Apa saja manfaat mengkonsumsi daun basil?

  1. Mencegah komplikasi pada organ tubuh

Kandungan thiamin (B1) dalam daun basil cukup tinggi loh. Manfaatnya sangat banyak sekali terutama untuk kesehatan organ tubuh kita. Mampu mencegah terjadinya komplikasi organ tubuh seperti, system saraf, jantung, lambung dsb. Penyerapan thiamin dalam tubuh berguna untuk menjaga fungsi sel-sel otot dan saraf.

  1. Meningkatkan Imun Tubuh

Daun basil dapat meningkatkan system kekebalan tubuh Anda. Apalagi hidup di cuaca yang ekstrem maka akan mengganggu jika asupan gizi kita kurang. Mengkonsumsi basil bisa menjaga kestabilan system imun. Bisa dijadikan sayuran ataupun jus sehat.

  1. Mencegah kanker

Kaya akan antioksidan dalam basil, bisa dijadikan alternative sayuran untuk menangkan radikal bebas. Sebab setiap harinya pasti kita sering terpapar sinar matahari, asap rokok, polusi kendaraan. Jika kita tidak menjaga tubuh dengan makanan kaya zat antioksidan, sangat mungkin untuk terserang virus kanker.

  1. Mencegah Katarak

Penyakit mata satu ini identic dengan orang usia lanjut. Tapi tidak menutup kemungkinan mneyerang anak-anak usia 20’an loh. Kenapa demikian? Sebab pengaruh radiasi gadget juga akan mempengaruhi kesehatan mata. Oleh sebab itu sangat penting untuk diimbangi dengan makanan sehat seperti basil.

  1. Mencegah dan Mengatasi Anemia

Kurang darah merupakan penyakit yang cukup umum, namun jika dibiarkan juga akan mempengaruhi system organ tubuh lainnya. Terdapat kandungan vitamin B2 sangat cocok untuk mengatasi anemia.

  1. Mencegah penyumbatan pembuluh darah

Fungsi dari vitamin B2 sendiri untuk me-normalkan sel sel dalam tubuh. Sehingga cock sekali untuk mencegah terjadinya penyumbatan. Dimana dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit mematikan seperti meningitis.

  1. Mengatasi kolesterol

Terdapat kandungan niacin (vitamin B3) sangat berguna bagi penderita kolesterol. Rutin mengkonsumsi basil atau sayuran yang memiliki kandungan niacin akan membantu mengatasi. Jika selepas makanan tinggi kolesterol segera netralisir dengan sayuran hijau seperti basil.

Artikel terkait : Manfaat Daun Perilla

  1. Mencegah tulang keropos

Terdapat kandungan vitamin K inilah yang dapat membantu mencegah masalah pada tulang. Sangat bagus pada anak-anak yang sedang fase pertumbuhan. Untuk orang dewasa pun dianjurkan untuk mengkonsmsi ini.

  1. Mencegah dan mengatasi radang

Daun basil merupakan tumbuhan hijau yang memiliki banyak zat bermanfaat untuk tubuh. Salah satunya juga dapat digunakan sebagai obat peradangan. Sebab terdapat zat anti inflamasi yang mampu memperbaiki dan membersihkan bakteri yang menyebabkan peradangan.

  1. Anti bakteri yang Alami

Sebagai tumbuhan hijau yang kaya akan nutrisi, tak heran jika manfaat daun basil begitu besar yakni memiliki sifat anti bakteri loh. Seperti peradangan bisa di atasi dengan mengkonsumsi daun basil ini. Tana zat kimia, kita rutin mengkonsumsi maka akan membantu penyembuhan peradangan. Bisa di makan ataupun di olah sebagai minuman.

Baca juga : Manfaat Bawang Hitam

Sudah tau kan manfaat daun basil. Jangan tunggu lagi untuk mengkonsumsinya. Tanaman ini bisa dijumpai dengan mudah di Indonesia loh. Bisa dijadikan sebagai tanaman obat keluarga di rumah. Tidak perlu lahan luas, tanaman ini bisa tumbuh di pot atau lahan yang Anda miliki di rumah. Perawatannya juga cukup mudah dan tentunya memiliki banyak fungsi untuk kesehatan kita. Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran hijau seperti daun basil ini yaa.