Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat daun mintManfaat daun mint sangat banyak lo. Jangan kira hanya sebagai bahan dasar permen ataupun sebagai penyegar. Namun manfaat daun mint bisa untuk menjaga kesehatan ,menyembuhkan penyakit dan lainnya. Mendengar daun mint pastinya sudah tidak asing bukan, daun ini sering digunakan sebagai bahan minuman ataupun obat-obatan. Biasanya jika kita sedang di serang batuk pilihan tepat adalah meminum obat. Nah salah satu kandungan di dalam obat tersebut adalah daun mint.

Memang ada sensasi yang menyegarkan seperti plong di tiup angin. Jika teman-teman pernah mencoba secara langsung rasa dari daun mint, ada rasa sedikit pahit kemudian menyegarkan mulut dan tenggorokan. Kira kira apa saja ya manfaatnya, yuk simak ya.

  1. Mampu meredakan tenggorokan

Seringkali meminum obat batuk yang di dalamnya memiliki kandungan menthol, merupakan khas dari daun mint. Sensasi dan kandungan menthol inilah yang terbukti dapat meredakan sakit tenggorokan karena batuk. Sehingga lender yang seringkali menggangu jalannya pernapasan pada tenggorokan ini mampu dipecah oleh kandungan dari menthol.

  1. Mampu mengangkat sel kulit mati

Nah, kalau satu ini sangat cocok untuk kecantikan. Sel kulit mati yang sedang kita alami bisa teratasi dengan membuat ramuan dari esensial daun mint. Caranya mudah saja campurkan 3 tetes essensial daun mint, 3 sendok minyak zaitun dan 1 gelas larutan air garam. Bisa digunakan di area kulit tangan atau wajah yang banyak sel-sel kulit mati.

  1. Kesehatan mata

Sangat cocok yang memiliki gangguan pada mata, apalagi yang sudah berkali-kali ganti kacamata. Memang dengan memakai kacamata tidak tentu bisa langsung sembuh. Hal tersebut menambah kebosanan juga dalam memakai kacamata. Sehingga ada alternativ yang bisa di coba yaitu rutin mengkonsumsi daun mint. Dipercaya bahwa kandungan beta-karoten dan vitamin A mampu mengurangi masalah pada mata.

  1. Kesehatan gigi

Menthol yang terdapat pada daun mint ternyata sangat ampuh membersihkan bakteri-bakteri jahat pada gigi. Banyak sekali produk pasta gigi dan obat kumur yang menggunakan bahan utamanya daun mint.

  1. Mengurangi stress

Saat ini banyak sekali produk essensial oil yang meluncurkan varian mint. Banyak juga yang sehari-harinya dilanda stress akibat banyaknya masalah. Nah, dengan mengoleskan essensial oil daun mint ini ternyata mampu menenangkan. Memberikan efek yang rileks dan segar pada tubuh. Sehingga dapat me-recarge semangat untuk esok hari.

  1. Keluhan bau mulut

Hal yang paling menggangu jika memiliki keluhan bau mulut. Daun mint sangat mambantu menghilangkan keluhan bau mulut loh. Kandungan khususnya yaitu menthol mampu menyegarkan mulut. Tentu saat ini banyak sekali produk dari daun mint yang lebih mudah untuk dikonsumsi.

Baca Juga : Manfaat Kulit Jeruk

  1. Meredakan nyeri otot

Nyeri otot menjadi salah satu penyakit yang terlihat sepele tapi membuat tidak nyaman. Belum lagi jika sedang banyak kerjaan tentu dapat menghambat. Nah, selain bisa menenagkan stress essensial manfaat daun mint dapat diaplikasikan jika mengalami nyeri otot. Oleskan dan pijat dengan lembut supaya nyeri otot dapat sembuh dengan maksimal.

  1. Mengurangi mual

Mengalami mual-mual di awal hari dapat membuat semangat berkurang. Tidak hanya itu saja tetapi badan juga tidak nyaman. Mual yang berlebihan akan membuat juga nafsu makan menurun drastis. Mencoba mengkonsumsi teh daun mint, atau produk lain disesuaikan dengan kondisi mual diyakini bisa mengurangi mual.

Wow daun mungil yang sekilas tidak terlihat bermakna ternyata menyimpan khasiat yang banyak sekali ya. Banyak sekali masalah yang muncul di kehidupan sehari-hari kita yang bisa dicoba dengan mengkonsumsi daun mint dengan rutin. Bukan hanya itu, mint sebenarnya tidak hanya sebatas untuk bahan dasar permen, namun juga bisa sebagai herbal untuk menjaga kesehatan tubuh serta meningkatkan kecantikan.