Manfaat Daun Sirih Sangat Bagus, Nah Apa itu daun sirih?

Manfaat Daun Sirih

Daun sirih adalah salah satu tanaman yang mengandung banyak air. Daun sirih ini merupakan salah satu tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat pada batang pohon lain. Daun Sirih ini memiliki nama ilmiah piper betle dan masuk dalam keluarga tanaman piperaceae. Tentu kalian tidak akan asing dengan nama ini karena banyak kalangan yang menggunakan daun sirih ini sebagai obat berbagai hal.

  • Ciri-ciri daun sirih

Manfaat Daun Sirih

Tanaman merambat ini bisa mencapai tingginya 15 m loh. Lalu memiliki batang berwarna coklat kehijauan dengan bentuk bulat meruncing. Daunnya yang tunggal berbentung seperti jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai dan jika diremas-remas akan mengeluarkan bau yang sangat sedap guys. Dipermukaan daun sirih ini juga terdapat daun pelindung sehingga kalo dipegang kayak ada bulu-bulu halus gitu.

Sekitar 85-90% daun sirih itu terdiri dari air sehingga daun sirih sendiri rendah lemak dan kalori. Daun sirih sendiri juga memiliki kandungan seskuiterpen, pati, diastase, gula, zat samak dan juga kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidan, dan fungisida, anti jamur.

Jenis daun sirih

Daun sirih memiliki banyak jenis, diantaranya Sirih Hijau, Sirih Wulung, Sirih Putih, Sirih Perak, Sirih Filipina, Sirih Gading, Sirih Jalu, Sirih Irian, Sirih Hati, Sirih Hitam, Sirih Merah

Kegunaan daun sirih

Daun sirih sebagai salah satu tanaman obat tentunya memiliki banyak sekali manfaat untuk kehidupan sehari-hari diantaranya :

  • Manfaat Daun Sirih untuk mata

Semua orang tentunya menginginkan mempunyai mata yang sehat yakan. Lalu apabila terjadi iritasi ataupun mata minus akan langsung dibawa ke dokter, padahal ada cara alami yang bisa digunakan yakni menggunakan daun sirih. Daun sirih yang memiliki kandungan minyak astiri yakni memiliki kemampuan untuk mematikan kuman dan sebagai antionsidasi sekaligus sebagai antijamur. Kandungan zat antiseptic pada seluruh bagiannya ampuh mengangkat kotoran pada mata dan juga mengurangi mata pedih.

  • Manfaat daun sirih untuk miss V

Daun sirih juga dipercayai sebagai salah satu cara menjaga kebersihan miss V. seperti yang diketahui biasanya para wanita mengeluhkan gatal pada bagian miss V nya, nah gatal tersebut disebabkan oleh adanya kuman dan bakteri atau bahkan jamur yang timbul akibat kurang bersih dalam merawat bagian kewanitaanya. Daun sirih dengan kandungan minyak atsiri, antiseptic, anti jamur dan antioksidan mampu mengatasi kuman, bakteri dan juga jamur yang menyebabkan rasa gatal berlebihan tersebut.

  • Manfaat daun sirih untuk wajah

Sebagai tanaman obat, ternyata daun sirih juga bisa digunakan untuk kecantikan loh guys. Kandungan yang terdiri dari anti inflamasi berguna sebagai mengempiskan dan menyembuhkan peradangan pada jerawat agar tidak terasa sakit saat tersentuh. Daun sirih yang sudah dihaluskan juga dapat berfungsi sebagai mengecilkan pori-pori loh guys. Daun sirih juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo, memudarkan flek hitam bekas jerawat dan juga mengencangkan kulit wajah.

  • Cara mengobati benjolan di leher dengan daun sirih

Benjolan di leher atau biasa disebut kelenjar getah bening memang harus segera di tangani, banyak orang yang langsung membawa ke dokter padahal ada yang paling simple untuk penanganan pertama. Yaps daun sirih adalah jawabannya, proses pengolahannya pun juga cukup mudah. Cukup rebus daun sirih, lalu minum air rebusan daun sirih tersebut. Sajikan dalam keadaan panas atau hangat.

  • Cara menghilangkan keputihan dengan daun sirih

Keputihan tentunya membuat wanita tidak pede apalagi untuk wanita yang sudah menikah. Nah salah satu cara untuk mengatasi keputihan ini dengan cara memanfaatkan daun sirih. Nutrisi dan zat antioksidan di dalam daun sirih dipercaya mampu membunuh bakteri dan jamur penyebab keputihan. Caranya sangat mudah lo guys yakni, rebus 3 lembar daun sirih bersama dengan 2 gelas air. Rebus dengan api yang kecil. Jika sudah tunggu dingin, saring lalu minum air sirihnya. Waw mudah banget kan caranya….

  • Cara mengobati hernia dengan daun sirih

Daun sirih memang banyak sekali kasiatnya, termasuk untuk mengobati penyakit hernia ini. Dikarenakan daun sirih mengandung sifat antiseptic yang sangat alami dan mampu membunuh sejumlah virus, kuman dan bakteri. Nah caranya cukup mudah, pertama siapkan daun sirih sebanyak 8 lembar pastikan sudah dicuci bersih ya, lalu siapkan juga air rebusan sebanyak 3 gelas, lalu rebus daun sirih dan air tersebut dalam panci hingga mendidih. Kemudian saring dan pisahkan. Ramuan rebusan sirih siap dikonsumsi.

  • Cara mengobati mata katarak dengan daun sirih

Cara mengobati mata katarak menggunakan daun sirih cukup mudah, caranya siapkan dahulu daun sirih merah atau hijau sebanyak 5 lembar pastikan dalam keadaan bersih, lalu rebus daun sirih ini hingga mendidih. Setelah mendidihkan dinginkan dan masukkan kedalam wadah atau baskom. Setelah air sudah dingin, masukkan muka/mata ke dalam air tersebuh dan kedip-kedipkan mata. Selesaii… harus rutin juga ya guys.

Manfaat Daun Sirih dan Madu

Manfaat daun sirih dan juga madu sangat besar sekali untuk kesehatan tubuh. Seperti mengunyah daun sirih dipercaya dapat mencegah kanker mulut karena membantu menjaga kadar asam askorbat pada air liur. Daun sirih juga bisa disajikan dalam rebusan dan dapat ditambahi madu sebagai perasa apabila tidak tawar dengan rasa air rebusan daun sirih tersebut.

Cara Mengolah Daun Sirih

  • Cara Merebus Daun Sirih untuk diminum

Banyak sekali kegunaan daun sirih bagi kesehatan dalam tubuh. Nah bagaimana cara mengpalikasikannya? Kalian pasti bertanya-tanya kan. Simple sekali caranya siapkan beberapa lembar daun sirih dan tentunya sudah dalam keadaan bersih ya guys, lalu campur dengan air secukupnya dan yang diinginkan dan direbus. Tunggu hingga mendidih. Setelah matang, saring air rebusan daun sirih tersebut lalu siap disajikan dehh… gampang banget kannn

  • Aturan Minum daun Sirih

Untuk aturan mium air rebusan daun sirih ini dapat diminum 2-3 kali sehari supaya hasil bisa lebih maksimal.

Harga Daun Sirih

Untuk harga daun sirih ini sangatlah murah sekali loh, kalian bisa mendapatkan per lembar dengan harga Rp. 500 dan untuk 1 kg nya bisa mencapai Rp. 20.000 waw murah bangettt kan

Tempat Jual Daun Sirih

Tempat jual daun sirih ini juga dimana-dimana kok. Kalian bisa mendapatkannya di pasar terdekat, bahkan di supermarket juga ada.