Manfaat Kulit Jeruk Begitu Hebatnya

Manfaat kulit jeruk tak kalah hebat dengan jeruknya. Bagi kalian yang sering meremehkan dengan selalu membuang kulit jeruk. Maka sebentar lagi kalian akan terkejut. Ternyata dalam kulit jeruk itu memiliki beberapa kandungan yang begitu baik untuk kesehatan kita. Jadi sebenarnya sayang ketika kita tidak mengetahui kehebatannya.

Untuk selanjutnya mungkin anda bisa menyisihkan beberapa kulit jeruk untuk anda simpan. Karena kulit jeruk ini bisa dijadikan bahan alami atau herbal penyembuh penyakit. Bahkan kehadiran kulit jeruk akan membantu anda. Dalam mengatasi beberapa permasalahan kesehatan atau kebersihan bahkan kecantikan. Artikel kali ini kita akan bersama-sama menguak rahasia dibalik kulit jeruk.

  1. Untuk menurunkan berat badan

Anda punya keluhan dengan berat badan, maka sudah saatnya kurangi konsumsi terhadap kopi atau soda. Ganti saja dengan bahan alami yang lebih bermanfaat. Ganti semua dengan kulit jeruk, jadikan kulit tersebut kering dan tumbuk hingga jadi bubuk. Kemudian campur dengan segelas teh, kandungan vitamin C lah yang berperan menurunkan berat badan anda.

  1. Memutihkan gigi

Anda malu dengan gigi yang kuning, masih cari solusi dan tidak ketemu. Maka anda harus coba kulit jeruk, karena di dalamnya mengandung limonene yang sangat efektif menghilangkan warna kuning pada gigi. Caranya mudah, hanya gosokkan kulit jeruk ke gigi anda selama 2 menit. Kemudian bilas dengan air bersih dan lakukan secara teratur. Maka tidak lama gigi anda akan putih.

 

  1. Mencegah penuaan dini

Manfaat kulit jeruk lainnya yakni mencegah penuaan dini. Kulit ini memiliki sifat antioksidan yang tinggi, dimana mampu menangkal radikal bebas. Jika tidak ingin kelihatan tua sebelum waktunya, maka gunakanlah kulit ini. Caranya sangatlah mudah, tinggal campurkan bubuk kulit jeruk dengan madu dan sedikit oatmeal. Oleskan merata kebagian wajah dan bilas dengan air bersih.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol tinggi akan mengakibatkan datangnya sebuah penyakit. Tentu anda tidak ingin itu semua terjadi. Cegah hal tersebut dengan kulit jeruk. Di dalam kulit tersebut terkandung pektin yang sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol.

  1. Menghilangkan pori-pori kulit

Timbulnya pori-pori kulit akan memperbesar peluang terkenanya wajah oleh kuman dan bakteri. Kita bisa atasi hal tersebut dengan menggunakan masker alami dari campuran kulit jeruk dan yogurt. Campuran ini sangat efektif guna menutu pori-pori kulit.

  1. Pengharum ruangan

Seperti yang kita ketahui bahwa kulit jeruk memiliki wangi yang sedap dan segar. Kulit ini bisa lo digunakan sebagai pengharum ruangan. Caranya unik sih, kalian bisa rebus kulit jeruk ini. Rebusan ini bisa menjadi minyak, yang mana bisa kamu semprotkan di ruanganmu.

  1. Mengusir ketombe

Ketombe mmebuat rambut tidak nyaman, namun tak usah khawatir. Atasi ketombe dengan menggunakan kulit jeruk, oleskan saja cairan dari kulit tersebut. Diamkan semalam jika ingin mendapatkan hasil yang optimal. Dan yang terakhir bilas dengan air bersih.

  1. Mencerahkan kulit

Semua orang pasti menginginkan wajahnya tampak cerah setiap harinya. Tidak perlu susah dan mahal untuk mewujudkannya. Cukup dengan manfaatkan kulit jeruk sebagai masker wajah. Kulit jeruk bisa berperan sebagai toner wajah alamiah yang membersihkan wajah dari kotoran dan membuatnya segar.

 

  1. Melancarkan pencernaan

Pencernaan yang terganggu akan berpengaruh terhadap mood seseorang. Ketika pencernaan bermasalah maka kita akan meraskaan sakit sekujur tubuh dan tidak enak untuk melakukan apapun. Anda bisa atasi itu dengan menggunakan kulit jeruk, karena di dalamnya memiliki kandungan serat yang tinggi dan efektif untuk menyehatkan pencernaan.

  1. Mengobati perut mulas

Perut mulas akibat maagh atau yang lainnya bisa disembuhkan dengan sekejap lo dengan kulit jeruk. Ada beberapa penelitian yang menyebutkan senyawa aktif dalam kulit jeruk ini mampu membasmi bakteri dan kuman yang ada di dalam tubuh.

  1. Menghilangkan bau mulut

Bau mulut disebabkan oleh kuman dan bakteri yang tertinggal di dalam mulut. Tentu kita tidak PD dan malu jika berbicara dengan orang lain dengan kondisi bau mulut. Maka anda bisa atasi hal tersebut dengan menggunakan kulit jeruk. Tingkat keasaman yang tinggi membuat kulit jeruk sangat efektif membasmi bakteri dan kuman dalam mulut kita.

  1. Mengatasi jerawat

Manfaat kulit jeruk untuk kecantikan tidak perlu diragukan lagi. Bukan hanya untuk mencerahkan wajah namun juga bisa untuk mengusir jerawat. Kandungan asam yang ada dalam kulit jeruk lah yang mampu menghilangkan jerawat di muka anda.

  1. Menghilangkan komedo

Komeda ternyata juga bisa dihilangkan dengan kulit jeruk lo. Gimana sih caranya, tinggal gosokkan kulit jeruk secara perlahan. Maka lama kelamaan komedo anda pun angkat terangkat.

  1. Menghilangkan noda membandel

Noda membandel di pakaian ataupun di peralatan makan bisa lo dihilangkan dengan kulit jeruk. Mengapa demikian, karena tingkat keasaman kulit jeruk sangat ampuh melaan noda dan bakteri. Bisa kita bayngkan ketika noda itu tidak hilang, benih-benih penyakit sudah mengintai pastinya.

  1. Meredakan batuk

Ketika batuk tidak usah bingung mencari obat. Cukup dengan memanfaatkan kulit jeruk maka batukpun akan hilang. Kandungan vitamin C dan vitamin A serta anti oksidan pada kulit jeruk efektif untuk menyembuhkan batuk.

Pasti banyak yang kaget dan tidak percaya akan hal ini. Memang ini benar adanya, kulit jeruk memang memiliki banyak manfaat. Hal ini dikarenakan oleh betapa kayanya kandungan nutrisi di dalamnya. Tunggu apalagi, silahkan coba, obat murah namun memiliki keampuhan luar biasa.