Manfaat Menangis Yang Bikin Kalian Tercengang

Manfaat menangis ternyata sangat bagus bagi tubuh kita lo. Menangis adalah hal yang identik dengan wanita, karena mereka memiliki sensitifitas lebih tinggi daripada laki-laki. Hal ini terbukti setiap ada masalah kecil atau berat, seperti putus cinta, kehilangan barang, dan lain sebagainya wanita mengekspresikan hal itu dengan menangis tapi kalu laki-laki memiliki gensi yang tinggi mungkin mereka menangis saat anggota keluarganya meninggal.

Di sisi lain banyak orang yang menganggap menangis itu tidak berguna, mereka beranggapan untuk apa menangis toh dengan menangis masalah kita tidak akan selsesai. Mulai saat ini rubahlah statemen tersebut, karena air mata yang dihasilkan dari menangis ternyata menyimpan berbagai manfat untuk hidup kita, antara lain :

  1. Membantu penglihatan mata

Penglihatan kita menjadi kabur terjadi karena membran mata mengalami dehidrasi. Dengan menangis berarti kita menghilangkan dehidrasi pada membran mata, cairan air mata kita membuat membran mata tetap basah sehingga penglihatan kita menjadi baik.

  1. Membunuh bakteri

Saat ini ketika kita sakit mata, fikiran kita langsung tertuju untuk mengobatinya dengan obat tetes mata, sebebnarnya hal ini tidak perlu. Karena ada obat yang manjur tanpa harus membeli dan berasal dari diri kita sendiri. Yaitu menangis, karena ketika menangis kita mengeluarkan cairan air mata yang di dalamnya terkandung zat lizozom fluida yang mampu membunuh bakteri dalam mata hingga 95% dengan waktu 5 menit saja.

  1. Mengeluarkan racun

Seorang ahli melakukan sebuah penelitian tentang air mata, dan ditemukan sebuah fakta unik, air mata yang keluar saat menangis ternyata sebagaian mengandung racun, hal ini bukan bahaya namun sangat bermanfaat bagi kita, karena hal ini menandakan bahwa racun yang ada di dalam tubuh kita keluar bersamaan dengan air mata.

  1. Mengurangi stres

Ternyata menangis merupakan obat yang baik untuk stres. Karena air mata yang kita keluarkan ketika menangis mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh kita yaitu hormon endorphin leucine enkaphalin dan prolactin. Selain bisa menurunkan level stres kita, air mata juga berfungsi untuk melawan penyakit yang disebabkan oleh stres seperti darah tinggi.

  1. Membantu menstabilkan kondisi tubuh

Salah satu tujuan orang menangis adalah melupakan hal-hal negatif yang mereka alami dan mencoba untuk membuat dirinya bahagia kembali. Dengan menangis kita bisa megeluarkan suatu hormon yang bisa digunakan untuk menstabilkan kondisi seseorang. Baik secara fikiran maupun mood, hormon itu bernama endorphin.

  1. Mencegah resiko flu dan batuk

Ternyata dengan menangis kita bisa mencegah penyakit flu dan batuk. Memang disaat menangis pasti kita pilek, namun  itu hanya sesaat. Ketika kita sudah selesai menangis maka dengan sendirinya pilek itu hilang. Dan bahkan flu dan batuk tidak akan menyerang kita setelah menangis. Karena air mata yang kita keluarkan mengandung zat-zat yang mampu membunuh bakteri. Ini menjadi salah satu manfaat menangis yang paling utama.

  1. Pelumas alami bagi mata

Mata kita selalu melakukan gerakan aktif selama kita tidak tidur, seperti berkedip, gerakan bola mata ke kanan dan ke kiri, serta masih banyak lainnya. Bayangkan ketika kondisi dalam mata itu kering pasti kita akan merasakan sakit setiap bola mata bergerak. Jadi mata kita butuh sebuah bahan yang mampu membuat keadaan tetap basah dan licin. Untuk itu salah satu manfaat menangis adalah menjadi pelumas alami pada mata.

Inilah beberapa fakta tentang manfaat dari menangis jadi tidak perlu ragu ketika anda ingin menagis. Keluarkan saja air mata anda jangan di tahan. Karena akan menimbulkan sakit bagi kita sendiri baik secara fisik maupun rohani. Namun jangan jadikan menangis satu-satunya cara untuk menjaga kesehatan mata, biarkan semua berjalan apa adanya tanpa memaksa dan menolak. Semoga bermanfaat.