Manfaat Renang Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat renang untuk kesehatanManfaat renang tidak perlu diragukan lagi bagi kesehatan tubuh kita. Untuk itulah Nabi Muhammad menjadikan renang menjadi salah satu dari 3 olahraga yang paling dianjurkan. Renang cocok dilakukan untuk semua usia, baik masih kecil maupun sudah tua. Renang menjadi salah satu olahraga yang menyenangkan karena kita tidak merasa lelah ketika melakukannya dan bukan hanya itu bila renang dilakukan dengan teman, saudara atau keluarga malah menjadi sesuatu yang seru dan menyenagkan. Bisa dibilang enjoy tapi menguras keringat yang begitu besar.

Jika anda salah satu orang yang sedang menjalankan diet, maka renang ini menjadi salah satu olahraga yang tepat untuk dilaksanakan. Karena semua anggota tubuh bisa tergerakkan serta energy yang dibutuhkan untuk renang juga cukup banyak. Dengan begitu lemak-lemak dan kalori banyak yang akan keluar. Nah dalam artikel kali ini kita akan bersama kupas habis manfaat apa saja sih yang bisa kita dapatkan dari renang itu. Yuk simak bareng-bareng ;

  1. Meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot

Kekuatan otot dan daya tahan akan meningkat bila kita melakukan renang. Hal ini sudah pasti kita dapatkan, karena memang berenang merupakan olahraga yang menggerakkan semua anggota tubuh. Bukan hanya itu berenang bisa dibilang olahraga berat yang mana membutuhkan kekuatan otot kita untuk melakukannya. Maka dari itu sebelum berenang kita dianjurkan untuk melakukan pemanasan agar tidak mengalami cidera atau kram otot. Jika anda bisa rutin berenang serta mengikuti aturannyang ada maka tubuh atletis akan menjadi milik anda.

Artikel terkait : Stamina meningkat dengan melakukan ini

  1. Menambah tinggi badan

Anda termasuk orang yang punya kesulitan untuk menambah tinggi badan. Atau yang termasuk ingin tinggi tapi sulit. Maka jaaban terbaiknya adalah berenang. Cara ini tidak memiliki efekj samping atau kerugian bagi yang menjalankan. Dengan renang otot-otot kita akan tertarik dan tulang pun menjadi kuat. Secara perlahan tubuh anda juga akan semakin tinggi mengikuti pertumbuhan otot dan tulang anda. Maka dari itu kalau bisa sejak dini sudah rutin renang agar tetap sehat dan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

  1. Meredakan radang sendi

Radang sendi yang mungkin pernah kita alami sebenarnya disebabkan oleh rapuhnya tulang belakang kita. Untuk itu bagi anda yang sudah pernah terkena atau belum diusahakan untuk melakukan renang secara rutin. Mengapa harus renang, karena olahraga ini memaksa tulang belakang kita bekerja dan berkembang untuk mengimbangi gerakan renang kita.

  1. Menurunkan berat badan

Renang menjadi salah satu pilihan terbaik untuk membakar lemak dan kalori dalam tubuh. Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahawasannya renang merupakan olahraga yang menggerakkan semua anggota tubuh. Hal ini sanagt efektif karena kalori dan lemak akan mudah terbakar dengan gerakan renang kita serta usaha untuk tetap dalam kondisi stabil saat renang. Jadi bisa bilang renang menjadi olahraga tepat bagi orang-orang yang sedang menjalankan program diet.

  1. Terapi alami saat cidera

Tak heran jika renang bisa dijadikan sebagai alternative penyembuhan cidera. Renang bisa dijadikan terapi alamiah lo. Hal ini dikarenakan pergerakan yang dinamis serta konsisten saat berenang akan memberikan efek penyembuhan bagi otot-otot yang terkilir ataupun terjepit.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kesehatan jantung menjadi salah satu kebutuhan penting bagi kehidupan manusia. Selama jantung sehat maka ragapun akan sehat. Untuk menjaga kesehatan jantung kita bisa lo dengan renang. Dengan berenang aliran darah serta sirkulasi udara yang masuk ke dalam paru-paru lancer. Dan hal tersebut berimbas kepada kesehatan jantung kita.

  1. Melatih pernafasan

Jika anda ingin memiliki nafasa yang stabil atau yang panjang teruntuk bagi penyanyi atau pekerjaan yang membutuhkan nafas panjang dan stabil. Maka alternative terbaiknya adalah renang. Ketika renang otomatis kita akan mengatur pernafasan kita di dalam dan di luar air. Hal tersebut membuat sirkulasi udara akan keluar dan masuk. Nah saat inilah pernafasan anda akan diatur dengan gerakan renang anda. Maka secara otomatis pernafasan kita akan konstan dan bila dilakukan secara terus menerus akan memperpanjang masa nafasa kita.

  1. Mengurangi stress

Jika anda termasuk ke dalam golongan yang sering stress atau tekanan batin ketika mendapatkan sebuah masalah, maka terapi alami yang paling cocok adalah dengan renang. Kenapa berenang bisa menjadi penghilang rasa setres. Pertama, dengan berenang kita bisa merangsang hormone endorphin yang mana bisa membuat hati kita merasa senang. Kedua, apabila kita berenang bersama keluarga secara otomatis maka hati kita akan mnejadi tenang dan bahagia, setres pun hilang kan.

Namun perlu diingat  meskipun renang memiliki banyak manfaat, renang juga bisa membuat anda mendapat sebuah musibah, seperti kram, sesak bahkan hingga kematian. Untuk itu ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika ingin memulai renang. Usahakan anda sudah melakukan pemanasan sebelum berenang, dan usahakan beri rentan waktu minimal 1 jam setelah makan anda baru bisa renang.

Dengan memperhatikan hal tersebut maka anda akan merasakan manfaat renang yang begitu luar biasa. Lakukan secara rutin dan kontinyu maka hasil akan kelihatan dan akan anda rasakan manfaatnya.