Manfaat Serai

Manfaat Serai Memang Sejak Dahulu di gunakan Oleh masyarakat Indonesia. Pasti di rumahnya para moms sering banget menanam berbagai macam tanaman hias maupun tanaman obat yakaan. Eitsss itu bukan Cuma-Cuma lo guys!! pasti banyak banget manfaat yang di tanam oleh para moms di rumah itu. Nah tentu kalian gak asing dengan salah satu bagian dari bumbu perdapuran yakni Serai atau orang biasa sebut dengan Sereh.

Manfaat Serai Untuk Kesehatan

Bagi yang belum familiar akan kami jelaskan, Sereh/serai adalah salah satu tanaman herbal dari sekelompok rumput-rumputan, Poaceae. Tanaman sereh ini berciri khas dengan berbatang kasar, berumbai dengan daun tengah yang tumbuh pada tandan yang tebal.

Di dalam serai ini terdapat banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah kalori, karbohidrat, protein, lemak, asam folat, vitamin B3, B6, B2, B1, A, C, sodium, kalium, kalsium, tembaga, mangan, selenium dan juga zinc. Eitssss bukan itu aja guys, selain kandungan nutrisi dalam serai juga memiliki sifat anti jamur, anti bakteri, anti inflamasi, diuretic, anti depresan, analgesic, antipiretik dan juga antioksidan.

Serai juga memiliki aroma yang sangat menyejukkan loh dan bisa memberikan efek tenang pastinyaa. Waw banyak banget kan kandungan dalam serai ini yang tentu apabila di aplikasikan ke tubuh kita akan banyak bangeet manfaatnya hehe….

Kegunaan Serai / Kegunaan Tanaman Serai

Setelah tau apa itu serai, lalu kita masuk pada kegunaan tanaman serai ini. Tentu banyaaak banget. Diantaranya yakni, sebagai obat antikanker, mengatasi demam, meningkatkan sistem kekebalan, menurunkan kadar kolesterol, melancarkan sirkulasi darah, menghilangkan bau, badan mengontrol rasa stress dan emosi dengan aromanya yang sangat menyejukkan, dan banyak sekali manfaatnya tentunya.

Namun yang lebih ditekankan dan beda dari artikel ini yakni serai ternyata juga bisa digunakan untuk asam lambung dan juga syaraf kejepit loh guys. Jadi kalian nihya kalau sakit tuh nggak usah keburu dibawa ke dokter dulu, karena ada tanaman obat ini yang lebih alami dan juga mudah ditemui dimanapun. Oke mari kita bahas satu per satu ya guys…. Let’s go!!!!

Manfaat Serai untuk Asam Lambung

Manfaat Serai Untuk Kesehatan

Kandungan asam lambung dalam tubuh memiliki porsi tersendiri, jika terlalu banyak pun tidak baik dan akan menjadi penyakit yang serius dan harus dihindari. Nah serai bisa menjadi salah satu obat penurun asam lambung yang tinggi loh guys ternyataa. Loh kobisa? Pasti pada bertanya-tanya gitu kan.

Nah jawabannya dikarenakan serai dan juga kandungan air rebusan memiliki kandungan antioksidan yang sangat dipercayai sebagai penangkal baik untuk radikal bebas. Banyak juga yang percaya bahwa secangkir serai hangat dapat membuat perut terasa lebih rileks.

Kan biasanya orang yang mengalami asam lambung perut akan terasa gak enak dan juga kayak sembab gitu kan ya, nah setelah diminumi ramuan serai akan lebih enakan dan juga menenangkan tentunya guys.

Manfaat Serai untuk Syaraf Kejepit

Manfaat Sereh untuk Syaraf Kejepit - Manfaat Serai Untuk Kesehatan

Siapasih yang gaktau syaraf kejepit, ituloh Syaraf kejepit biasanya ditandai dengan sakit pada tulang belakang bahkan hingga kaki dan sakit banget kalau digerakkan. Nah ramuan sereh dicampur beras ini adalah salah satu cara untuk mengatasi syaraf kejepit yang sudah menjadi turun-temurun karena memiliki sifat yang antiseptic. Ramuan ini sangat ampuh dan bisa menyembuhkan meskipun tidak cepat prosesnya, yang penting harus telaten dan rutin ya guys.

Cara Pengolahan Serai untuk memperoleh Manfaat Serai

Nahh untuk cara pengolahan serai ini gampang banget kok guys serius dan bahannya pun nggak rumit. Pertama, ramuan serai untuk mengatasi asam lambung kalian siapkan 4 gelas air atau secukupnya, 2 batang serai yang di potong kecil-kecil lalu digeprek dan satu sendok teh madu.

Nah semua bahan itu tinggal dijadikan satu untuk direbus. Sajikan dalam keadaan panas-panas akan lebih nikmat guys. Rebusan air ini juga bisa diminum tiap hari dan kapanpun. Simple banget kan hehehe….

Selanjutnya pengolahan untuk mengatasi syarat kejepit juga tidak rumit kok guys, cukup siapkan 2 atau 3 buah serai, air secukupnya, 1 gelas beras, 1 set ulekan, pisau. Nah caranya potong kecil-kecil serai yang sudah disiapkan itu lalu dihaluskan pada ulekan yang telah disediakan, ingat harus bener-bener halus ya guys.

Ohiya sampai lupa sebelum itu semua lebih baik merendam beras ya guys 2 jam lamanya supaya mudah saat dihaluskan. Nah setelah 2 jam rendaman beras tanpa air itu dicampur dengan serai yang sudah dihaluskan dan dihaluskan lagi hingga menjadi sebuah ramuan berupa bobokan. Selesaiiii, setelah itu tinggal di oleskan pada bagian yang sakit.

Efek Samping Manfaat Serai

Semua hal pasti mempunyai efek samping sekalipun dalam hal kesehatan ini, efek samping dari ramuan serai ini diantaranya :

  1. Mual dan Muntah

Efek samping yang dirasakan setelah mengonsumsi air rebusan serai ini adalah mual dan muntah. Efek samping ini diakibatkan sebagai salah satu reaksi tubuh yang tidak stabil dalam menerima kandungan serai dalam tubuh ini.

  1. Mengakibatkan Alergi

Efek samping ini terjadi yang dalam tubuhnya tidak bisa menerima kandungan dalam serai atau bahkan diakibatkan karena konsumsi yang terlalu berlebihan sehingga mengakibatkan alergi.

  1. Sakit Kepala atau Pusing

Kepala pusing menjadi bagian reaksi tubuh atas sesuatu yang menganggu sistem di dalam tubuh, sehingga tidak bekerja secara maksimal

Harga Serai 1 ikat

Harga serai sangat terjangkau kok guys, dengan Rp. 1.500 kalian bisa mendapatkan serai 1 ikat. Jika ingin dalam jumlah satuan bisa banget beli yang per ikat gini.

Harga Batang Serai 1 kg

Nah jika kalian ingin menmbeli serai dalam jumlah banyak yakni 1 kg hanya mengeluarkan uang Rp. 25.000 dan itu udah dapet banyaaak banget guys. Bisa dibuat apa aja hehe

Tempat Jual Serai

Lalu dimana bisa cari serai? Banyak banget orang jual serai. Yang paling umum di pasar sekitar atau di supermarket terdekat pasti ada kok. Selamat mencobaaaa J