Ini Dia Olahraga Ibu Hamil Untuk Tetap Sehat

Ibu Hamil memerlukan energi 2x lebih besar dari biasanya, karena saat hamil organ-organ tubuh bekerja lebih keras untuk menopang  janin yang ada dalam perutnya. Oleh karena itu, banyak ditemukan ibu hamil yang sering merasa lelah, sakit pinggang, pusing dan lain sebagainya.

Sehingga disarankan untuk banyak istirahat dan tidak melakukan aktivitas yang berat , karena akan menganggu kesehatan janin dan dirinya sendiri. Meskipun demikian, bukan berarti di masa kehamilan ibu hanya bermalas-malasan, ini malah akan memberi dampak negatif ketika persalinan nanti. Namun ibu hamil juga perlu gerak dan olahraga untuk menjaga kesehatan tubuhnya dan kelancaran persalinan nantinya.

Hal ini didukung dengan adanya fakta, bahwa orang dulu tidak pernah melaksanakan operasi sesar saat persalinan berbeda dengan orang sekarang yang sering melakukan operasi sesar untuk kelahiran byinya, hal ini disebabkan orang sekarang malas untuk bergerak tidak seaktif orang dulu, yang tetap melaksanakan pekerjaan rumah walau dalam keadaan hamil. Oleh karena itu dalam artikel ini, kami akan berbagi informasi, olahraga apa yang cocok untuk Ibu Hamil.

Sebelum kami paparkan jenis-jenis olahraganya, perlu anda ketahui bahawa olahraga itu sangat baik untuk ibu hamil. Dengan olahraga mampu memperbaiki mood ibu hamil, mengurangi rasa pegal dan nyeri pada pinggang serta memberi kenyamanan saat tidur. Selain itu dengan olahraga dipercaya akan membantu ibu hamil untuk mempersiapkan daya tahan dan kekuatan otot-otot untuk persalinan dan memudahkan ibu hamil untuk mengembalikan kondisi pasca persalinan. Selanjutnya akan kami paparkan olahraga yang dapat anda lakukan saat hamil.

  1. Jalan Kaki

Olahraga ini cocok untuk ibu hamil, selain mudah,  jalan kaki tidak memerlukan alat dan tenaga berlebih. Dengan jalan kaki peredaran darah lancar dan membantu menjaga kondisi tubuh ibu hamil tetap fit. Sebuah penelitian membuktikan bahwa, ibu hamil bisa berjalan kaki selam 30 menit per hari, jadi hindari jalan kaki secara berlebih. Selain itu hal-hal yang perlu dihindari saat jalan kaki adalah hindarkan ibu hamil dari dehidrasi, sengatan matahari yang terik dan jalan yang menanjak. Karena dikhawatirkan akan mampu menyebabkan ketuban pecah.

Artikel terkait : Kenali Gejala Nyeri Sendi dan Cara Mengatasinya

  1. Berenang

Berenang Berenang menjadi salah satu olahraga yang cocok dalam semua kondisi, termasuk untuk ibu hamil. Para ahli kesehatan menyatakan bahwa berenang adalah olahraga paling bagus untuk ibu hamil, karena dengan berenang otot-otot tubuh kita akan terlatih, meningkatkan kinerja dari jantung, dan lain sebagainya. Hal yang perlu diketahui untuk ibu hamil, gaya dada adalah gaya yang tepat untuk ibu hamil, karena tidak memerlukan banyak energi dan mampu membuat ibu hamil dalam keadaan rileks. Waktu berenang untuk ibu hamil tidak boleh lebih dari 30 menit per hari.

  1. Senam Hamil

Senam adalah olahraga yang sering dilakukan oleh kaum hawa, karena gerakan dan energi yang dibutuhkan cocok untuk mereka. Ternyata senam juga aktivitas yang baik untuk ibu hamil. Karena akan mempertahankan kesehatan ibu dan janinnya.Yang perlu diperhatikan adalah memang sekarang senam bisa dilakukan sendiri di rumah dengan menyetel DVD, namun kami sarankan untuk dibimbing oleh para ahli.

  1. Yoga

Yoga adalah olahraga yang hampir sama dengan senam, namun di dalam yoga yang ditekankan adalah proses pernafsan dan relaksasi. Dalam proses persalinan akan diperlukan sistem pernafasan yang baik, dengan yoga ibu hamil akan mengetahui bagaiman cara mengatur pernafsan saat persalinan. Sedangkan relaksasi yang dihasilkan dari latihan dapat membantu ibu hamil menjalani hari-harinya dengan tenang, serta mengurangi rasa takut saat persalinan berlangsung.

Demikianlah beberapa aktivitas yang dilakukan oleh ibu hamil. Lakukan dengan rutin dan sesui porsi agar anda bisa mendapat manfaat secara maksimal. Lebih bagus lagi ketika anda ingin melakukan apapun konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.