Penutupan Umroh Sementara

Penutupan Umroh Sementara , Ini Respon Indonesia!

Penutupan Umroh Sementara yang dilakukan oleh Pemerintah Arab Saudi Langsung mendapat respon dari pemerintah indonesia Melalui Menteri PMK Bpk Muhadjir Effendy dan di dampingi Menteri Agama, Menteri Luar Negeri dan Menteri Perhubungan. Berikut Ini kata beliau mengenai Arab Saudi Hentikan Umroh kepada sejumlah Wartawan melalui Konfrensi Persnya :

Penutupan Umroh Sementara

” Hari ini tanggal 27 Februari 2020 kita mengadakan pertemuan rapat tingkat menteri yang dihadiri oleh pertama ibu menteri luar negeri, Kemudian Bapak Menteri Agama, Bapak Menteri Perhubungan dan juga ada beberapa dari perwakilan dari Kementerian Hukum dan hak asasi manusia HAM, serta perwakilan dari Angkasa Pura. ”

” Tujuannya adalah untuk merespon kebijakan pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang memberlakukan larangan Pelarangan sementara ibadah umrah dan ziarah Untuk berapa negara termasuk di dalamnya adalah negara Republik Indonesia. ”

“Dengan ini berdasarkan setelah mendapatkan arahan Presiden tentang sikap pemerintah Indonesia dan apa saja yang akan dilakukan. ”

Yang Pertama pemerintah Indonesia memahami keputusan pemerintah Kerajaan Arab Saudi berkaitan dengan penhentian sementara, Jadi bukan pelarangan ya tapi penghentian  sementara izin masuk untuk pelaksanaan Umroh dan atau Ziarah, Khususnya adalah ziarah ke  Masjid Nabawi. ”

Yang Kedua pemerintah Indonesia memahami bahwa keputusan tersebut diambil dengan pertimbangan kepentingan kesehatan umat yang lebih besar terutama para jamaah umrah dan ziarah. ”

Yang Ketiga pemerintah Indonesia telah melakukan komunikasi dengan pemerintah Kerajaan Arab Saudi antara lain : ”

  • Agar jemaah yang sedang melakukan ibadah dapat melanjutkan ibadah atau Ziarahnya
  • Agar yang sudah terlanjur atau akan mendarat supaya diizinkan untuk melanjutkan ibadah ataupun Ziarah.
  • Setelah rapat koordinasi ini akan dilakukan rapat koordinasi lanjutan dengan tujuan semaksimal mungkin melindungi kepentingan calon jamaah. Terutama Yang berkaitan dengan biro perjalanan, maskapai penerbangan, akomodasi dan hotel maupun Visa.

” Mohon Maaf tidak ada tanya jawab karena itu ucapan terima kasih atas perhatiannya dan mohon bantuan dari rekan-rekan wartawan Untuk menginformasikan kebijakan pemerintah ini untuk Masyarakat khususnya para calon jamaah umrah dan ziarah beserta  keluarganya agar mendapatkan Informasi yang Valid. ”

Itulah Respon Pemerintah Atas Penutupan Umroh Sementara oleh pemerintah Arab saudi, semoga tidak mengendorkan jamaah umroh Indonesia karena ini hanya sementara waktu dan di buka untuk jangka waktu yang tidak ditentukan. Lagi pula ini demi kepentingan Jamaah atas merebaknya isu Virus korona yang semakin mengkuatirkan.