Tanaman Lily Paris

Tanaman Lily Paris nama latinnya dikenal dengan nama Spider plants (Chlorophytum comosum). Lily paris memiliki kumpulan daun mirip rumput yang melengkung ke bawah. Asal nama ini karena tunas tanamanya berbentuk menggantung pada batangnya. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman rumah yang paling mudah beradaptasi dan juga mudah ditanam.

Tanaman Lily ParisTanaman Lily Paris berasal dari Afrika Selatan dan dapat tumbuh subur di daerah tropis dan basah, Lily Paris tumbuh pada ketinggian 50-800m diatas permukaan laut. Ciri Tanaman Lily Paris adalah daun tipis berwarna hijau atau variegata dengan panjang sekitar 10-15cm. Bunga putih bertangkai panjang tumbuh di antara daun dan tunas anak. Memiliki cabang (rhizome) yang membawa tunas-tunas baru.

Ada Chlorophytum jenis lain yang memiliki daun sedikit lebih lebar, yaitu Chlorophytum capense dan Chlorophytum bichetii. Macam-macam jenis Tanaman Lily Paris yaitu :

  1. Chlorophytum comosum ‘variegatum’
  2. Chlorophytum comosum ‘vittatum’

Nama Lain  Lily Paris di Indonesia adalah Rumput Putih, Spider Lily, ataupun Spider Plant. Lily paris termasuk family Liliaceae dan berkembang biak melalui Anakan.

Media Tanam untuk Tanaman Lily Paris adalah sebagai berikut ini :

  • Vermiculite

Merupakan alternatif media tanam pengganti tanah. Vermiculite digunakan untuk meningkatkan volume tanah, drainase tanah dan juga aerasi dari media perakaran tanaman.

Terbuat dari mineral, sehingga sangat baik untuk pembibitan dan pertumbuhan tanaman yang akan ditanam. Vermiculite memiliki kelebihan diantaranya dapat memberikan kelembaban yang lebih baik, dan juga dapat menahan lebih banyak kalium, kalsium, dan magnesium.

  • Coco Coir

Adalah salah satu media tanam pengganti tanah yang biasa digunakan dalam budidaya tanaman secara hidroponik, tradisional maupun penyemaian serta pembibitan. Karakteristik coco coir yaitu memiliki kapasitas penyerapan air yang tinggi, memiliki pH ideal dalam rank 5,5 – 6,7 , sangat baik untuk drainase dan penyerapan udara yang lebih baik, membawa banyak garam potassium, sebagai penukar Cation dengan kapasitas yang baik

Coco coir anti jamur sehingga bisa membantu tanaman untuk membuang tanah yang berpenyakit, sangat mudah untuk kembali hidrat setelah kering sekali, bahan ini merupakan sumber yang terdegradasi sangat lambat dan memiliki kehidupan antara 3-4 tahun, memiliki jumlah siginifikan phosphorous.

Kelebihan Coco Coir antara lain :

Sumberdaya 100% dapat diperbaharui, coco coir sangat ringan, coco coir sangat ramah lingkungan, konsisten dalam kualitas yang tinggi, bagian atas dari produk selalu tetap kering sehingga tidak memberikan kesemptan untuk pertumbuhan jamur yang dapat membuat tanaman sakit, coco coir tidak pernah mengecil ataupun mengeras, media tumbuh akar yang sangat cepat, dan coco coir tidak berbau sama sekali.

Tanaman Lily Paris

Cara Merawat Tanaman Lily Paris:

  1. Pilih tanah atau media tanam dengan drainase yang baik. Jika anda memilih menanam di luar ruangan, pilih tanah yg berdrainase baik seperti tanah yang mengandung pasir.
  2. Beri lily paris tempat yang teduh dan jauhkan dari sinar matahari langsung. Tanaman Lily Paris tidak membutuhkan terlalu banyak sinar matahari, jadi tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di kamar mandi dan kamar tidur.

Selain itu tanaman ini juga bisa tumbuh subur di kusen jendela. Kalau tanaman ini ditaruh di luar ruangan, maka harus memiliki peneduh yang cukup saat siang hari. Karena sinar matahariyang belebih dapat membakar tanaman ini.

  1. Jaga agar kelembaban dan suhu ruangan sedang konsisten. Jika tempat tinggal anda berada di wilayah suhu ruangan yang berubah-ubah atau bahakan mencapai titik ekstrem sebaiknya tanam tanaman ini di dalam ruangan.

Suhu ruangan sebaiknya berkisar antara 10-20 derajat celcius. Karena Lily Paris tidak dapat bertahan di daerah dengan suhu yang ekstrem, baik terlalu dingin atau terlalu panas. Tanaman Lily Paris ini tumbuh subur di iklim yang lembap, jadi sebaiknya letakkan pelembap ruangan di dekat tanaman lily paris Anda.

  1. Sebaiknya siram Tanaman Lily Paris dengan air murni. Karena tanaman lily paris sangat sensitif terhadap kandungan fluoride dalam air keran. Air keran juga mengandung mineral lain yang bisa merusak tanaman lily paris.

Oleh karena itu Anda harus menggunakan air murni dan gunakan air dengan suhu ruangan, karena air yang terlalu panas maupun dingin dapat membuat tanaman lily paris layu.

  1. Jaga agar tanah tetap lembab, tapi tidak basah. Periksa kelembapan tanah dengan jari. Jika 2cm lapisan teratas tanah terasa kering, itu berarti sudah waktunya Anda menyirami tanaman Anda.

Dalam setahun pertama, menyiram secukupnya atau sekali seminggu sudah mampu membuat tanah tetap lembap, tetapi jangan terlalu basah. Setelahtahun pertama, Anda bisa menyiramnya sesekali saja. Jika Anda menanamnya di dalam pot, segera buang kelebihan air di penampungan setelah menyiramnya.

  1. Beri pupuk sekali atau dua kali dalam sebulan saat musim kemarau. Saat musim tanam, gunakanlah pupuk cair untuk memberi nutrisi bagi Lily Paris Anda.

Ikuti petunjuk penggunaan pupuk untuk mengetahui seberapa banyak pupuk yang perlu diberikan pada bagian pangkal tanaman. Hindari memberikan pupuk selama musim penghujan atau jika tanaman lily paris sudah tumbuh keluar pot.

  1. Pindahkan Lily Paris Anda jika tanaman sudah tumbuh hingga keluar potnya. Anda juga perlu memindahkannya ke pot yang lebih besar jika akar lily paris mulai keluar melalui lubang drainase pot Anda.

Pastikan media tanam yang Anda gunakan baru, dan pilih pot dengan lubang drainase agar tanaman tidak terendam air.

  1. Kembang biakkan tanaman besar. Bagi Lily Paris yang sudah terlalu besar, bisa dengan cara memetik atau memotong akarnya menjadi beberapa bagian, masing-masing dengan beberapa helai daun, lalu tanam kembali dengan media tanam yang baru. Atau Anda bisa memetik anakan tanamannya kemudian memasukkannya ke dalam semangkuk air supaya akarnya bisa keluar.

Tanaman Lily Paris

Cara Mengatasi masalah-masalah umum pada Tanaman Lily Paris :

  1. Pangkas daun-daun kering menggunakan gunting. Potong bagian ujung atau keseluruhan menggunakan gunting agar energi tanaman bisa digunakan untuk menumbuhkan dedaunan yang sehat. Pastikan menyiram Lily paris menggunakan air murni, sebab ujung daun yang berwarna cokelat bisa jadi merupakan tanda adanya timbunan material pada tanah atau media tanam.
  2. Atasi tungau laba-laba menggunakan insektisida alami seperti minyak mimba. Anda bisa membelinya di toko peralatan berkebun.
  3. Atasi tanaman yang warnanya memucat dengan mengurangi paparan sinar matahari. Batang dan daun yang warnanya memucat atau memudar menunjukkan paparan sinar matahari yang berlebihan.

Yang perlu diperhatikan untuk Tanaman Lily paris adalah bahwa tanaman ini dapat beracun bagi kucing, meski tampaknya tidak bagi hewan lainnya namun mencegah semua jenis hewan peliharaan memakan tanaman ini merupakan hal yang lebih bijaksana.